Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Kejari Lampura Gelar Pelayanan Hukum bagi Aparatur Desa

Kejari Lampura Gelar Pelayanan Hukum bagi Aparatur Desa

142
BERBAGI
Kasi Datun Kejaksaan Negeri‎ Lampung Utara, M. Reza Kurniawan saat memberikan pelayanan hukum kepada aparatur desa di Sungkai Seatan
Kasi Datun Kejaksaan Negeri‎ Lampung Utara, M. Reza Kurniawan saat memberikan pelayanan hukum kepada aparatur desa di Sungkai Selatan

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Tak kurang dari delapan puluh aparatur desa mengikuti kegiatan pelayanan hukum yang digelar oleh Kejaksaan Negeri Lampung Utara di Aula Kecamatan Sungkai Selatan, Senin pagi (17/9/2018).

“Kegiatan pelayanan hukum ini bertujuan untukmemberikan pemahaman dan solusi terkait persoalan hukum yang dihadapi oleh aparatur desa/warga,” terang Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara, M. Reza Kurniawan usai kegiatan.

‎Menurut M. Reza, kegiatan pelayanan hukum yang mereka selenggarakan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat apalagi aparatur desa. Sebab, pihaknya tak hanya mendengar dan menampung keluhan aparatur desa/warga melainkan juga memberikan solusi terkait persoalan yang sedang melilit mereka.

“‎Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara ini untuk memberikan sebuah pertimbangan/pendampingan/mediasi hukum bagi warga‎ terhadap suatu permasalahan hukum,” kata dia.

Dengan memberikan pemahaman berikut solusinya dari permasalahan hukum yang diaspirasikan oleh warga, masih menurutnya, warga dapat mengetahui batasan mana saja yang diperbolehkan atau dilarang oleh pelbagai peraturan.

“Dengan begitu, potensi – potensi pelanggaran hukum dapat diminimalisir di kemudian hari,” tuturnya.

‎Adapun salah satu aspirasi yang disampaikan oleh aparatur desa hari ini, salah satunya ialah persoalan tanah di pinggiran rel kereta api. Warga menyebutkan persoalan tanah tersebut hingga kini tak kunjung mendapat kejelasan. Sementara di satu sisi, ada aparatur desa yang berniat menerbitkan surat keterangan tanah yang ada di sekitar rel.

“‎Terkait persoalan ini, kami menyarankan agar kepala desa menahan diri untuk mengeluarkan surat itu dan terlebih dulu berkoordinasi dengan pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN)” papar dia.

Di tempat sama, Camat Sungkai Selatan, Evril Irawan menuturkan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh pihak Kejari. Menurutnya, banyak manfaat yang didapat oleh aparatur desa usai mengikuti kegiatan ini.

“Kami sangat berterima kasih dengan adanya kegiatan ini karena dapat menjadi langkah antisipasi sejak dini terhadap potensi timbulnya persoalan di masa mendatang,” tuturnya.

Di sisi lain, ‎Sekretaris Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi), Hendri Kalnopi menuturkan, tak menutup ia dan koleganya yang lain akan melakukan konsultasi hukum yang lebih jauh dengan pihak kejaksaan. Tujuannya tak lain supaya dapat terhindar dari persoalan hukum di masa mendatang.

“Ke depan, kami akan mengadakan konsultasi hukum dengan pihak kejaksaan karena selain dapat mengetahui batasan mana yang melanggar hukum/tidak, kami juga dapat menambah wawasan seputar hukum,” ‎kata dia.

Loading...