Beranda Hukum Kejati Lampung akan Segera Tetapkan Tersangka Kasus Korupsi Disnakertrans

Kejati Lampung akan Segera Tetapkan Tersangka Kasus Korupsi Disnakertrans

160
BERBAGI

Zainal Asikin/teraslampung.com

BANDAR LAMPUNG – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Lampung memastikan tak lama lagi bakal menetapkan tersangka dugaan korupsi di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Lampung tahun 2013. Peneaepan tersangka tersebut masih menunggu hasil gelar perkara untuk ditingkatkan status dari penyelidikan ke penyidikan.

”Kami masih menunggu gelar perkara dulu, karena inikan masih tahap penyelidikan. Kalau sudah ditingkatkan ke tahap penyidikan, maka di itu baru ketahuan siapa yang paling bertanggung jawab dan sebagai tersangkanya. Sudah kami identifikasi siapa saja yang paling bertanggung jawab, tetapi belum bisa saya publikasikan,” kata Kasipenkum Kejati Lampung, Yadi Rahmat, di Bandarlampung, Rabu (16/7)

Menurut Yadi,  pihak-pihak yang paling bertanggungjawab sudah dicatat oleh tim untuk diperdalam guna menguatkan menjadi tersangka. “Mengenai kapan akan dilakukan gelar perkaranya, saya belum dapat memastikannya karena masih didalami penyidik bagian Pidana Khusus (Pidsus),” ujarnya.

Yadi berjanji kalau sudah ada surat resmi penetepan tersangka pihaknya akan mempublikasikannya ke publik.”Kami tidak akan menutup nutupi siapa tersangkanya. Nanti akan diberitahukan, jadi tunggu saja,” jelas dia.

Sebagaimana diketahui, dalam perkara ini, tim penyidik menemukan adanya kerugian negara dalam salah satu kegiatan di Disnakertrans tahun anggaran 2013, sehingga perkara tersebut resmi ditingkatkan ke penyelidikan setelah dilakukan gelar perkara, karena surat perintah penyelidikan (sprintlid) telah dikeluarkan.

Salah satu dasar peningkatan status tersebut adalah ditemukan adanya kerugian negara dalam salah satu kegiatannya yakni pengadaan mesin pengolahan pupuk organik senilai Rp1,4 miliar. Dalam tingkat penyelidikan, pihak yang dipanggil masih berstatus terperiksa.

Berita Terkait: Penanganan Perkara Dugaan Korupsi Rp 1,4 M di Disnakertrans Jalan di Tempat
Baca Juga: Korupsi di Disnakertrans: Tiga Pejabat Masuk Daftar Panggil Kejaksaan

Loading...