Kemen PAN-RB Lakukan Riset Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan RSU Abdoel Moeloek

Bagikan/Suka/Tweet:
Aan Saipul (kanan) menjelaskan riset kepuasan keluarga pasien RSUAM, Kamis (22/10).

Teraslampung.com – Untuk mengetahui  kepuasan masyarakat Lampung terhadap pelayanan RSU Abdoel Moeloek, Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) melakukan riset dengan sampel sejumlah keluarga pasian, Kamis (22/10). 

Penyebaran angket dan wawancara pengunjung RSU Abdoel Moeloek (RSUAM) dilakukan dari Ruang  Alamanda yang  dihuni oleh anak bawah tiga tahun dan bawah lima tahun.

Ketua tim riset dari Kementerian PAN RB, Aan Saipul, mengatakan riset tentang kepuasan keluarga pasien dilakukan selama satu tahun sekali pada akhir tahun. Menurut Aan, riset ini penting untuk karena bisa dipakai sebagai bahan masukan atau saran bagi pihak rumah sakit.

“Ini sangat positif karena dapat memberika masukan kepada pihak manajemen rumaj sakit agar dapat lebih meningkatkan pelayana terhadap masyarakat yang berobat rawat inap maupun rawat jalan,” katanya.

Menurutnya, pihaknya tidak hanya melakukan riset di rumah sakit milik Pemprov Lampung itu, tetapi di semua rumah sakit milik  pemerintah. Selain itu, riset juga dilakukan di lembaga-lembaga milik pemerintah yang melakukan pelayanan publiik. 

“Misalnya di Disdukcapil Kota Bandarlampung atau Kantor Pelayanan Satu Atap,” katanya.

Aan  mengatakan. dampak riset tahun lalu dan perubahan yang dilakukan manajemen RSUAM kini sudah terasa. Misalnya, sekarang i tidak ada lagi pedagang asongan yang berdagang dan tidak ada lagi pasien yang dirawat  selasar, kecuali  semua ruangan penuh. Ini sudah menunjukan perubahan yang sangat pekat terhadap para pengunjung,” ujarnya.

Aan mengaku, berdasarkan hasil wawancara dengan keluarga pasien RSUAM diketahui bahwa hampir rata-rata mengatakan pelayanan di RSUAM saat ini lebih baik dibanding sebelumnya.

Emir Fajar