Beranda News Pusiban Kemenkes Apresiasi Komitmen Gubernur dalam Perhatikan Kesehatan Calon Jamaah Haji

Kemenkes Apresiasi Komitmen Gubernur dalam Perhatikan Kesehatan Calon Jamaah Haji

99
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM — Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan RI Eka Jusuf Singka mengapresiasi tingginya komitmen Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Wakil Gubernur Chusnunia Chalim dalam memperhatikan kesehatan calon jamaah haji.

Hal itu diungkapkan Eka Jusuf Singka dalam Seminar Nasional dan Workshop Kesehatan Haji, yang dibuka Wakil Gubernur Chusnunia Chalim, di Balai Keratun, Kompleks Kantor Gubernur Lampung, Minggu (20/10/2019).

Jusuf Singka mengatakan Lampung menjadi salah satu dari tiga Provinsi di Indonesia yang memiliki komitmen kuat dalam persoalan kesehatan haji.

“Saya berkeliling kota untuk menghadiri seminar-seminar seperti ini dan alhamdulillah saya baru kali ini bertemu dengan Wakil Gubernur di Provinsi Lampung ini. Memang yang sangat kuat komitmennya dalam hal ini Jakarta, Sulawesi Selatan dan Lampung, saya tidak bisa berkata apa-apa selain mengucapkan alhamdulillah dan bersyukur atas komitmen ini,” ujar Eka.

Eka menuturkan bahwa dengan komitmen tersebut, Istithaah Kesehatan Haji dapat terus berjalan dengan lancar.

“Kita tahu jemaah haji kita banyak yang sudah tua dan sakit, ini yang harus kita kawal, tentu kepentingan utama adalah kepentingan kepada jamaah yakni para tamu Allah. Mudah-mudahan apa yang kita jalani hari ini memiliki nilai ibadah dan saya doakan kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung memiliki amal ibadah yang berlipat ganda,” katanya.

Dalam seminar hasil kerja sama Asosiasi Kesehatan Haji Indonesia (AKHI) Lampung dengan Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan RI ini, Wagub Chusnunia minta petugas kesehatan haji ini dapat menjalankan tugas dengan baik.

“Sebab peran petugas sangat penting untuk jemaah haji kita. Di tengah beragam persoalan seperti jemaah haji yang tidak semuanya dalam kondisi fisik yang baik seperti munculnya kelelahan dan peserta haji yang sudah tua,” ujar Wagub Nunik.

Menurut Nunik, di tengah kondisi tersebut, keberadaan petugas kesehatan haji sangat penting untuk menjadi pendamping para jemaah haji. “Saya meyakini pahala para petugas haji ini berlipat ganda luar biasa, karena mengurusi kesehatannya tamu-tamu Allah. Orang-orang istimewa ini (Jemaah Haji) didampingi oleh kita yang bertugas sebagai petugas kesehatan jemaah haji, ini suatu kesempatan yang luar biasa,” katanya.

Nunik menyebutkan dirinya bersama Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi juga berkomitmen terhadap kesehatan jemaah haji.

Pemerintah Provinsi Lampung melalui jajaran Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota juga telah mendukung pelaksanaan Istithaah Kesehatan Haji dengan memberikan pembinaan, pelayanan dan perlindungan terhadap jemaah haji baik sebelum berangkat, saat dalam perjalanan, saat di Arab Saudi dan saat dalam perjalanan kembali ke Indonesia.

 

Loading...