Beranda Ruwa Jurai Lampung Timur Kementan akan Optimalkan 2.100 Hektare Sawah di Lampung Timur

Kementan akan Optimalkan 2.100 Hektare Sawah di Lampung Timur

2601
BERBAGI
Panen raya di Desa Karanganyar, Labuhan Maringgai, Lampung Timur.
Panen raya di Desa Karanganyar, Labuhan Maringgai, Lampung Timur.

LAMPUNG TIMUR — Direktorat Jendral Prasarana dan Sarana Pangan (PSP) Kementerian Pertanuan, Foyya Yusufu Aquino, mengatakan akan ada alokasi pada areal persawahan seluas 2. 100 hektare di Lampung Timur untuk dioptimalkan. Program Kementrian tersebut adalah lanjutan dari tahun sebelumnya sebagai program meningkatkan pertanian di Kabupaten Lampung Timur.

“Khusunya di desa Karang Anyar seluas 400 Ha. Ke depan agar indeks peningkatan hasil pertanian persawahan di Desa Karang Anyar bisa meningkat terus,” kata Foyya Aquino dalam sambutanya pada acara syukuran perayaan panen raya padi di areal persawahan Desa Karanganyar, Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur, Jumat (27/9/2019).

Program Kementan tersebut merupakan tindak lanjut dari banjir yang merendam areal persawahan di wilayah Lampung Timur beberapa waktu lalu. Karena selalu mengalami kebanjiran, dalam setahun para petani hanya bisa sekali panen.

Salah satu program optimalisasi adalah pembangunan tanggul penahan banjir dan pendalaman aliran sungai yang sudah terealisasi pada 2019.

Foya Aquino berpesan agar kelompok tani di Lampung Timur bisa maju secara mandiri dan selalu menjaga dengan baik bantuan yang diperuntukan bagi para kelompok agar bisa berkeseinambungan.

“Saya apresiasi para petani desa Karanganyar yang mampu secara mandiri mengadakan acara panen raya ini. Hal ini mengartikan bahwa petani di sini bisa bergotong royong dengan baik. Dan ini adalah modal supaya para petani bisa bekerja sama saling membantu, agar perekonomian bisa meningkat tanpa harus berharap bantuan,” kata dia.

Senada dengan itu Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung, Achmad Chrisna Putra.

“Soal permohonan bantuan yang disampaikan para petani, kami berjanji  akan segera realisasika.Terutama terkait  mesin pompa air, mesin traktor pengolah lahan, dan mesin pemanen padi,” katanya.