Kencing Manis Sembuh dengan Minum Jus?

  • Bagikan

Oleh Dr. Handrawan Nanesul

Ini pernyataan sekaligus pertanyaan seorang peserta seminar. Menurut pengakuannya ada seorang kerabat dekatnya kencing manisnya sembuh setelah minum juice khusus. Karena ia bertanya, saya jawab tidak bisa. Tidak mungkin.

div class="__mango" data-placement="5690">

Tidak juga dengan biji mahoni, atau dengan herbal apa pun. Mengapa?

Kencing manis terjadi karena ada gangguan pada hormon insulin. Insulin diproduksi oleh kelenjar ludah perut pancreas. Gangguan insulin bisa karena produksinya yang menurun, atau bisa sebab kualitas insulinnya yang abnormal. Apa pun sebabnya, berakibat kadar gula dalam darah meninggi, dan gula tidak bisa memasuki sel sehingga tak terpakai.

Kencing manis turunan terjadi karena pancreasnya sebagai pabrik insulin tidak cukup memproduksi insulin,umumnya sudah muncul sejak usia muda, bahkan usia anak. Sedang kencing manis didapat, muncul kemudian, setelah usia dewasa karena kualitas insulinnya jelek (insulin resistance). Dua-duanya berakibat sama.

Untuk bisa menyembuhkan kencing manisnya, kelenjar pancreas sebagai pabrik penghasil insulin harus diperbaiki, dan itu jelas tidak mungkin. Sementara kencing manis yang karena kualitas insulinnya lemah, bagaimana kita mengoreksinya?

Belum ada cara bagaimana melakukan koreksi terhadap kelenjar maupun kualitas insulin. Yang dunia kedokteran dapat lakukan hanyalah mengendalikan kadar gula darah sehingga pada kisaran nilai normal dengan cara rutin tertib minum obat selain suntikan insulin, mengatur asupan karbohidrat, mengupayakan berat badan mencapai ideal, rutin bergerak badan, dan menekan faktor stressor.

Sukar menjelaskan bagaimana nalar mediknya suatu ramuan juice, atau suatu herbal, atau suatu alat, atau alas kaki, bisa melakukan koreksi terhadap pancreas atau terhadap kualitas insulin. Itu menjadi berarti kasus kencing manis harus bergantung obat sepanjang hayat. Yang mungkin bisa pihak medis lakukan, dosis obat diupayakan menjadi sekecil mungkin untuk memberikan gula darah senormal mungkin, seraya disertai mengubah gaya hidup pasien.

Jadi,  tidak masuk nalar medik kalau ada yang mengkalim kencing manis bisa disembuhkan. Isu ini pun salah satu bagian yang dikupas dalam seminar saya “Sehat Itu Murah” supaya masyarakat cerdas untuk tidak mudah menerima yang tidak masuk nalar medis.

  • Bagikan