Beranda Hukum Kepala BPOM: Kosmetik Palsu-Berbahaya Masih Banyak Dijual di Mal

Kepala BPOM: Kosmetik Palsu-Berbahaya Masih Banyak Dijual di Mal

1409
BERBAGI
Ekspos hasil razia kosmetik palsu

BANDARLAMPUNG.COM — Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Syamsuliani mengaku heran masii banyak mal di Kota Bandarlampung yang menjual kosmetik palsu. Padahal, BPOM sudah sering melakukan razia dan memberi perigatan kepada para pengelola mal dan penjual kosmetik palsu.

“Kosmetik palsu itu mengandung bahan kimia berbahaya. Saya heran mall kan pembelinya kelas menengah ke atas kok masih jualan barang ginian, kami berharap dengan adanya razia yang kami lakukan, pedagang di mall – mall itu berfikir ulang untuk menjual kosmetik ilegal lagi,” kata Syamsuliani dalam konferensi pers hasil pengawasan dan serta aksi penertiban kosmetik ilegal, di kantornya,  Jl. Dr. Soesilo Bandarlampung, Senin (23/7/2018).

“Kegiatan ini (razia) dilaksanakan serentak seluruh Indonesia, di Lampung kami laksanakan di Bandarlampung, Metro dan Lampung Tengah pada pertengahan Juli lalu,” jelas Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Dra. Syamsuliani, Apt, MM kepada media di acara konferensi pers hasil pengawasan dan serta aksi penertiban kosmetik ilegal dan yang mengandung obat terlarang Senin (23/7) di kantornya jalan dr. Soesilo Bandarlampung

Syamsuliani mengatakan, pihaknya melakukan razia kosmetik di Bandarlampung  pada  9 – 10 Juli 2018 dan di Kota Metro dan Lampung Tengah pada  16 – 17 Juli 2018.

Lemahnya penegakan hukum bagi penjual dan distributor kosmetik ilegal diduga kuat yang mejadi alasan pedagang tidak kapok untuk menjual kosmetik ilegal itu.

“Saya heran mal kan pembelinya kelas menengah ke atas,  kok masih jualan barang ginian? kami berharap dengan adanya razia yang kami lakukan, pedagang di mal – mal berpikir ulang untuk menjual kosmetik ilegal lagi,” kata Syamsuliani.

Dari razia tersebut, BBPOM menyita sejumlah merek kosmetik berbahasa yang sudah akrab bagi konsumen. Antara lain Vaseleline Rosy Lips, Lipstick Revlon (palsu), Naked Lips Gloss, Pond’s Face Powder (bedak), masker muka merk Rorec, lipstik NYX, dan penyegar wajah merek Etude.

Dandy Ibrahim

Loading...