Beranda Ruwa Jurai Lampung Selatan Kepala DKP Berharap Alat Tangkap Ikan Jenis Set Net Dipasang di...

Kepala DKP Berharap Alat Tangkap Ikan Jenis Set Net Dipasang di Laut Lamsel

161
BERBAGI

Iwan J Sastra/Teraslampung.com


Kepala DKP Lamsel Dr,Meizar Melanesia 

KALIANDA – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Lampung Selatan Dr. Meizar Malanesia, berharap pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (RI) dapat merealisasikan pemasangan alat tangkap ikan jenis Set Net di perairan laut Lampung Selatan, khusunya di wilayah kepulauan, Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan.

Hal itu bertujuan, agar kesejahteraan ekonomi nelayan di kabupaten serambi pulau sumatera ini, bisa terus meningkat hingga mengalami perubahan menjadi lebih baik lagi.

Menurut Meizar, untuk menerapkan pemasangan alat tangkap ikan jenis Set Net tersebut, pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, sebelumnya telah melakukan penelitian dan meninjau lokasi di sejumlah perairan laut wilayah Lampung Selatan. Maka dari itu, diharapkan hasil dari penelitian tersebut bisa segera di implementasikan di Kabupaten Lampung Selatan.

“Kami dari pihak DKP Lamsel, saat ini masih menunggu hasil riset dari tim kementerian. Mudah-mudahan, perairan laut di Lamsel memang cocok untuk dipasangkan alat tangkap ikan jenis Set Net tersebut,” ujar Meizar, kepada Teraslampung.com, saat ditemui di ruangkerjanya, Selasa (26/5) sore.

Meizar menuturkan, untuk wilayah yang paling cocok dipasangkan jaring Set Net tersebut, adalah di perairan laut wilayah kepulauan Sebuku dan Sekepol di Kecamatan Rajabasa. Sebab, lanjutnya, dari beberapa lokasi yang telah ditinjau oleh pihak kementerian kelautan dan perikanan, dua wilayah kepulauan tersebutlah yang dinilai sangat cocok.

“Kami berasama tim sudah dua kali turun kelapangan. Dan saat ini mereka (tim Kementerian, red) tengah melakukan kajian-kajian dan penelitian. Harapan kami, pastinya alat tangkap ikan itu (Set Net, red) bisa dipasang diwilayah Laut Lampung Selatan. Karena, satu jaring Set Net bisa menghasilkan 1 sampai 2 ton ikan,” tuturnya.

Dijelaskan Meizar, Set Net adalah alat tangkap berupa jaring besar yang telah diset khusus untuk menangkap ikan yang memiliki ukuran panjang 500×60 meter.

“Lokasi pemasangan alat tangkap jenis Set Net tersebut, tentunya di wilayah perairan laut yang tidak memiliki terumbu karang. Bahkan, kedalaman lautnya pun memiliki standarisasi. Artinya, untuk memasang alat tangkap jenis Set Net itu tidak sembarangan,” katanya.

Loading...