Beranda Ruwa Jurai Tulangbawang Kepergok Curi 3 Ton Besi, Dua Nelayan Dente Teladas Dibekuk Polisi

Kepergok Curi 3 Ton Besi, Dua Nelayan Dente Teladas Dibekuk Polisi

147
BERBAGI
Dua nelayan Dente Teladas yang dibekuk polisi dan barang butti besi material yang mereka curi.

Zainal Asikin | Teraslampung.com

TULANGBAWANG —Bambang (40) dan Siman (40), keduanya warga Kampung Kuala Teladas, Kecamatan Dente Teladas, Tulangbawang, ditangkap petugas Unit Reskrim Polsek Dente Teladas, karena mencuri besi material milik PT Central Daya Energi (CDE) PLTU senilai ratusan juta, Jumat, 26 Oktober 2018 sekitar pukul 01.30 WIB.

Kapolsek Dente Teladas, AKP Suharto mewakili Kapolres Tulang Bawang, AKBP Syaiful Wahyudi mengatakan, petugas menangkap dua nelayan itu saat keduanya berada dalam gudang PT. CDE PLTU di Dusun Windu Kencana, Kampung Way Dente.

“Bambang dan Siman, kami tangkap saat keduanya sedang beraksi mencuri besi material di gudang PT CDE PLTU tersebut. Dari penangkapan kedua pelaku, disita barang bukti 3 ton besi material hasil curian senilai ratusan juta rupiah,”ujarnya, Sabtu 27 Oktober 2018.

Dari keterangan pelaku, kata AKP Suharto, bahwa keduanya lebih dari satu kali melancarkan aksi pencurian besi material di PT CDE PLTU. Aksi pencurian itu, dilakukan bersama enam pelaku lainnya yang saat ini masih dalam pencarian dan sudah ditetapkan sebagai DPO.

“Para pelaku pencurian tersebut, merupakan sindikat dan mereka sudah dua kali mencuri material besi milik PT CDE PLTU. Dugaannya, ada TKP pencurian lain yang dilakukan para pelaku,”ungkapnya.

AKP Suharto mengutarakan, penangkapan kedua pelaku tersebut, berdasarkan laporan dari Idwar (38), warga Dusun Kampung Tua yang tertuang dalam laporan polisi nomor : LP/123/X/2018/Polda Lpg/Res Tuba/Sek Dente Teladas, tanggal 24 Oktober 2018 tentang tindak pidana pencurian.

“Aksi yang dilakukan komplotan sindikat pencurian besi material milik PT. CDE PLTU tersebut, terjadi pada Senin 22 Oktober 2018 lalu sekitar pukul 00.00 WIB, dengan kerugian materiil senilai Rp 150 juta,”paparnya.

Pada saat kejadian, pelapor yang sedang bertugas jaga malam di PT CDE PLTU, memergoki delapan orang pelaku sedang mengambil besi material. Besi-besi hasil curian itu, dimasukkan para pelaku ke dalam perahu klotok dan dibawa melalui jalur laut.

“Melihat kejadian itu, pelapor sudah berusaha menghalangi para pelaku. Tapi karena jumlah mereka (pelaku) banyak sekitar delapan oranhg, maka pelapor tidak mampu menghadangnya,”terangnya.

Setelah keesokan harinya Rabu 24 Oktober 2018, lanjut dia, pelapor melaporkan aksi pelaku sindikat pencurian besi material itu ke Mapolsek Dente Teladas. Berbekal laporan itu, dilakukan penyelidikan dan pengintaian ke lokasi TKP dan berhasil menangkap Bambang dan Siman saat sedang mengambil besi material.

“Kedua pelaku saat ini ditahan di Mapolsek Dente Teladas guna pengembangan dan penyidikan lebih lanjut, keduanya dijerat Pasal 363 ayat 1 ke 4 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman pidana penjara maksimal 7 tahun,”pungkasnya.

Loading...