Beranda Teras Berita Akhirnya, Jokowi Capres PDIP!

Akhirnya, Jokowi Capres PDIP!

145
BERBAGI
Presiden Jokowi (dok swamagazine)

Bambang Satriaji/Teraslampung.com

Joko Widowo (dok swamagazine)

Jakarta–Momen yang ditunggu-tunggu banyak orang akhirnya terjawab, Jumat (14/3). Ketua DPP PDIP Megawati Soekarnoputri akhirnya memberikan mandat kepada Joko Widodo alias Jokowu untuk menjadi Calon Presiden dari PDI Perjuangan yang akan maju dalam Pemilihan Presiden 2014.

Pemberian mandat tersebut sekaligus menghapus semua dugaan miring tentang Megawati yang
sempat dirumorkan akan maju sebagai calon presiden untuk ketiga kalinya dengan menggandeng Jokowi sebagai wakilnya.

Mandat Megawati ini disampaikan dua hari menjelang kampanye rapat umum terbuka untuk pemilu legislatif, yang akan berlangsung mulai hari Minggu (16/3/2014). PDI-Perjuangan akan memulai kampanye di sejumlah kota di Indonesia, mulai dari Jawa Barat, Aceh, Riau, Sumatera Selatan, Sulawesi Barat, hingga Papua.

Mandat kepada Jokowi untuk menjadi capres PDIP melalui secarik kertas dengan tulisan tangan Ketua DPP PDIP Megawati Soekarnoputri. Surat mandat tersebut kemudian dibacakan putri Megawati yang juga salah satu Ketua DPP PDIP, Puan Maharani, di Kantor DPP PDI-P di Lenteng Agung, Jumat (14/3/2014).

Menanggapi pemberian mandat tersebut, Jokowi mengatakan, “Dengan mengucap bismillah, saya siap melaksanakan,” kata Jokowi saat blusukan di Rumah Pitung, Marunda, Jakarta Utara, Jumat (14/3/2014).

Sebelumnya, pada Rabu lalu (12/3/2014), Megawati bersama Jokowi sempat nyekar atau berziarah ke makam Proklamator RI, Ir Soekarno, di Blitar.

Berikut petikan surat mandat Ketua DPP PDIP Megawati Soekarnoputri untuk Jokowi:

Saya, Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, kepada seluruh rakyat Indonesia yang mempunyai mata hati, keadilan, dan kejujuran, di mana pun kalian berada. Satu, dukung Bapak Joko Widodo, sebagai calon presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

Dua, Megawati meminta semua kader mengamankan Pemilu Legislatif 2014 di setiap tempat pemungutan suara, terutama proses perhitungan suara. Presiden ke-5 RI ini mengingatkan para kader guna mencegah segala bentuk kecurangan dan intimidasi.

Tiga, Megawati meminta seluruh rakyat Indonesia bersikap teguh dan tegar menjalankan demokrasi.
Sekitar pukul 14.49 menjelang pengumuman DPP PDI Perjuangan itu, Jokowi juga mengakui  telah mendapat mandat dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri untuk menjadi capres dari PDI Perjuangan.

Loading...