Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Kesbangpol Lampung Utara Ingin Tingkatkan Peranan FKDM

Kesbangpol Lampung Utara Ingin Tingkatkan Peranan FKDM

270
BERBAGI
Plt. Kepala Kesbangpol Lampung Utara, Fadly Achmad memasangkan masker kepada anggota FKDM sebelum rapat.

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Untuk lebih meningkatkan peranan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Lampung Utara menggelar rapat koordinasi di kantor mereka, Senin (22/6/2020).

“Selain bersilahturahmi, rapat koordinasi ini ditujukan untuk lebih meningkatkan peranan FKDM dalam mencegah terjadinya konflik di tengah masyarakat,” jelas Plt. Kepala Kesbangpol Lampung Utara, Fadly Achmad usai kegiatan.

Fadly mengatakan, peningkatan peranan ini dapat dilakukan melalui sinergitas antara anggota FKDM dengan seluruh pihak terkait tak terkecuali aparatur desa dan kelurahan. Sinergitas adalah faktor penting bagi FKDM dalam menjalankan peranannya.

Lebih jauh Fadly menjelaskan, FKDM merupakan ‘mata’ dan ‘telinga’ dari pemerintah yang bertujuan memberikan informasi, mengkoordinasikan, serta mengkomunikasikan data dari masyarakat tentang potensi ancaman, keamanan, dan gangguan lainnya.

‎”FKDM adalah mata dan telinga dari pemerintah karena peranan mereka cukup penting dalam meredam terjadinya potensi konflik,” kata dia.

Mengingat peranannya yang cukup vital, Fadly juga berharap, seluruh anggota FKDM ‎dapat meningkatkan kemampuan mendeteksi secara dini setiap potensi atau gejala yang mengarah pada aksi yang merugikan masyarakat.

“Lakukan pendekatan secara persuasif dan gali informasi secara detil mungkin sehingga laporan yang dihasilkan akan benar – benar valid,” paparnya.

Di sisi lain, Wakil Ketua FKDM Lampung Utara, Sabirin menuturkan, rapat koordinasi yang mereka ikuti ini cukup bermanfaat. Hal ini dikarenakan mereka kembali diingatkan pentingnya tugas atau peranan mereka dalam kewaspadaan dini.

“Kegiatan ini membuat kami lebih termotivasi dalam menjalankan tugas atau peranan di tengah masyarakat,” kata dia.

Loading...