Beranda Dekranasda Ketua Dekranasda Lampung Imbau Masyarakat Bela dan Beli Produk UMKM

Ketua Dekranasda Lampung Imbau Masyarakat Bela dan Beli Produk UMKM

338
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM —  Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Lampung Hj. Riana Sari Arinal mengimbau agar masyarakat Lampung membela dan membeli produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang diproduksi para perajin Lampung.

“Gerakan bela dan beli produk UMKM Lampung ini merupakan aksi konket yang akan dirasakan para pelaku UMKM. Membela produk UMKM dapat diperkuat ke akses yang lebih produktif serta efektif. Dengan membeli produk UMKM,  masyarakat dapat menunjukkan aksi keberpihakan terhadap produk negeri sendiri,” kata Riana Sari, pada acara Seminar Sehari Meningkatkan Daya Saing Perajn Menuju Lampung Berjaya, di Balai Keratun Kantor Gubernur, Selasa (17/12/2019).

Seminar perajin Lampung dihadiri Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Kepala BI Perwakilan Lampung Budiharto Setyawan, dari OJK, Pimpinan BRI, Bank Lampung dan sejumlah kepala OPD.

Untuk memperkuat UMKM, kata Riana, pemerintah perlu melakukan pembinaan dan standarisasi produk-produk UMKM agar tidak kalah bersaing dengan produk negara Asean lainnya.

“Karena itu, perlu upaya-upaya yang dapat dilakukan dalam peningkatan daya saing perajin melalui pembinaan, seminar, pelatihan-pelatihan, khususnya di bidang desain dan kualitas. Karena tren desain produk kerajinan harus mengikuti selera konsumen dan sangat cepat berubah,” katanya.

Menurut istri Gubernur Lampung itu, peningkatan kreativitas dan inovasi desain perlu dilakukan.

“Namun, tetap mempertahankan identitas tradisional agar nuansa warisan budaya tetap harmoni dengan kekinian. Sehingga produk kerajinan menjadi produk yang sangat diminati dan mempunyai daya saing tinggi baik di tingkat Nasional bahkan tingkat internasional,” kata dia.

Loading...