Ketua DPD RI Dukung Vaksinasi untuk Pelaku Wisata di DIY

  • Bagikan
Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti
Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti

TERASLAMPUNG.COM — Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, mendukung program vaksinasi untuk para pelaku wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Menurutnya, vaksinasi akan membantu Pemprov DIY keluar dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4.

“Percepatan vaksinasi di wilayah DIY harus mendapat dukungan dari semua pihak. Yogyakarta sebagai salah satu destinasi pariwisata nasional juga harus memprioritaskan para pelaku wisata dalam program vaksinasi Covid,” kata LaNyalla di Jakarta, Senin (30/8/2021).

Pemprov DIY sendiri saat ini sedang menggencarkan pelaksanaan vaksinasi kepada pelaku wisata. Dalam waktu dekat, Dinas Pariwisata (Dispar) bekerja sama dengan pihak swasta akan menggelar vaksinasi massal dengan target sebanyak 30 ribu pelaku wisata yang rencananya akan digelar selama satu pekan.

Pemprov DIY menjadikan pelaku wisata dan ekonomi kreatif sebagai target sasaran vaksinasi usai periode penyuntikan kelompok prioritas.

LaNyalla menilai langkah tersebut tepat, karena memiliki efek lanjutan membantu perekonomian daerah.

“Selain sebagai langkah menurunkan angka kasus Covid, vaksinasi kepada pelaku wisata dan ekonomi kreatif penting dilakukan di DIY karena kita ketahui bersama, banyak sekali warga Yogyakarta yang bergerak di dua sektor tersebut,” tutur Senator asal Jawa Timur itu.

LaNyalla juga menilai, vaksinasi kepada para pelaku wisata dan ekonomi kreatif akan mempercepat dibukanya kembali objek-objek wisata di Yogyakarta. Sebab saat ini, Pemprov DIY masih belum mengizinkan dibukanya objek wisata karena tingkat penularan kasus Covid masih fluktuatif, dan kasus kematian Corona pun juga masih tinggi.

“Kita harapkan vaksinasi di DIY bisa segera mencapai target 80% sehingga berbagai pembatasan bisa dilonggarkan termasuk dari segi wisata dan ekonomi kreatif. PPKM ini menyebabkan banyak sekali sektor usaha di bidang pariwisata sangat terdampak secara ekonomi,” tutur LaNyalla.

Mantan Ketua Umum PSSI tersebut pun mengapresiasi langkah Pemprov DIY yang sempat menggelar pelaksanaan vaksinasi di sejumlah lokasi wisata di wilayahnya seperti Tebing Breksi, Obelix Hill, Pantai Ngobaran, Sindu Kusuma Edupark, hingga Hutan Pinus Mangunan. LaNyalla meminta agar vaksinasi di tempat-tempat wisata terus dilakukan.

“Apresiasi kami berikan atas pelaksanaan vaksinasi di lokasi-lokasi wisata yang menurut saya cukup menginspirasi. Tentunya vaksin di tempat wisata akan menambah semangat masyarakat Yogyakarta sehingga menumbuhkan minat warga terhadap program vaksinasi,” pujinya.

Selain positif dari sisi psikologis warga, vaksinasi di lokasi wisata terbilang cukup aman karena kegiatan tersebut rata-rata dilakukan di tempat wisata alam terbuka.

“Pastinya warga akan senang ya melakukan vaksinasi sambil berekreasi sejenak sehingga bisa mengurangi stres akibat PPKM. Suasana yang sejuk juga akan membantu masyarakat rileks, yang memang dibutuhkan saat disuntik vaksin,” ungkap LaNyalla.

Prioritas program vaksinasi ini diharapkan dapat membuat DIY mengurangi tingkat kasus Covid. Jika indikator Covid membaik, DIY pun diyakini bisa cepat menurunkan level PPKM dari Level 4 menjadi Level 3 dan terus turun ke bawah.

“Saya harapkan para senator dapil DIY turut memantau perkembangan penanganan Covid di daerah binaan mereka tersebut, termasuk ikut melakukan sosialisasi agar masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan dan mematuhi aturan pembatasan selama PPKM,” papar LaNyalla.

Ketua DPD RI juga mendorong pemerintah pusat memberikan dukungan kepada Pemprov DIY dalam penyediaan stok vaksin. Menurut LaNyalla, distribusi vaksin bagi masyarakat Yogyakarta jangan sampai terhambat sehingga terjadi kekosongan vaksin Corona.

“Kita ketahui kekuatan Yogyakarta ada para sektor pariwisata, sehingga sektor ini harus secepatnya dipulihkan, maka memang harus ada percepatan distribusi vaksin dari pusat ke daerah, apalagi saat ini vaksinasi di DIY baru mencapai 50%,” sebutnya.

“Pemerintah pusat jangan sampai terlambat dalam pendistribusian vaksin. Kerja pusat dan daerah harus sama-sama cepat agar vaksinasi untuk pelaku wisata dapat berjalan sukses,” tuturnya.

Selain DIY, LaNyalla mendukung program vaksinasi Covid-19 yang sudah dilakukan di Bali.

“Bali sebagai salah satu destinasi terbaik di Indonesia, harus menjadikan vaksinasi sebagai program utama, termasuk untuk para pelaku wisata. Kita berharap Bali bisa pulih secepatnya, sehingga aktivitas bisa berjalan lagi,” katanya.

  • Bagikan