Ketua KONI Lampung: 10 Besar PON XX Papua Adalah Capaian Kita Semua

  • Bagikan
Yusuf Barusman bersama Gubernur Lampung Arinal Djunaidi (dok)

TERASLAMPUNG.COM — Lampung menduduki peringkat ke-10 perai medali terbanyak pada ajang PON XX Papua 2021. Kontingan Lampung membukukan 14 emas, 10 perak dan 12 perunggu. Perolehyan medali Lampung hanya selisih dua dibanding peringkat ke-19 Nusa Tenggara Barat (NTB) yang mendapatkan 15 emas, 11 perak, dan 12 perunggu. Capaian ini sesuai dengan target sejak pengurus KONI Lampung dikukuhkan pada September 2019.

Kala itu Prof DR Ir M Yusuf Sulfarano Barusman mencetuskan akan membawa Lampung kembali ke 10 besar PON 2020. “Target terdekatnya adalah Porwil. Dan sesudah itu kami akan kerja keras agar Lampung kembali ke 10 besar PON 2020,” kata Yusuf Barusman kala itu, usai dilantik Marciano Norman.

Hari ini, semuanya menunjukkan catatan yang manis untuk kontingen Lampung, dengan finish diurutan 10, meskipun secara fluktuasi harian dalam 3 hari terakhir sempat berada di posisi ke-8, dan 9.

Namun, dengan perolehan tambahan medali emas bagi NTB dari lari Halang Rintang 3.000 meter di Mimika, maka meneguhkan posisi Lampung di sepuluh besar Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Dengan hasil ini, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Lampung, Yusuf Barusman membuat pernyataan khusus untuk tim besarnya yang sudah bekerja keras dalam bingkai kontingen Lampung.

“Alhamdulillah kita ucapkan atas ridho Allah Subhana Wata’ala, Lampung akhirnya mencapai target 10 besar. Capaian ini tentu tidak terlepas dari kerja keras, semangat, komitmen, loyalitas, totalitas kita semua baik sebagai pengurus KONI, Satgas teknis, non teknis, tim Aju, Pelatih, Manajer, Pengprov, Media dan terutama para Atlet kita yang sudah berjuang sekuat tenaga dan pikiran meraka.” Katanya, Kamis 14 Oktober 2021.

Yusuf menyebut bahwa para atklet inilah sebagai patriot olahraga untuk membela nama provinsi Lampung sehingga olahraga Lampung kembali berjaya.

“Saya sebagai Ketua KONI Lampung mengucapkan selamat untuk kita semua, dan terimakasih yang tidak terhingga kepada semua pihak baik yang sudah saya sebutkan diatas, maupun stakeholder yang sudah memberi support dan doa untuk keberhasilan ini,” kata Rektor Universitas Bandarlampung (UB) ini.

Khusus untuk Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi dan Pemprov Lampung yang sudah memberikan perhatian dan dukungan serta komitmen untuk KONI Lampung, Yusuf mengucapkan terima kasihnya.

“Terima kasih pak Gubernur yang sudah memberikan dukungan penuh kepada kami, tentu hasil ini kami sampaikan kepada pak Gubernur dan masyarakat Lampung. Dengan dukungan itu, maka tugas kami adalah mengembalikan kejayaan olahraga Lampung. Step by step, upaya kami lakukan dan terus akan kami perbaiki dari seluruh kekurangannya,” ungkap Yusuf.

Pencapaian ini, kata Yusuf, adalah capaian kita semua secara kolektif. “Keberhasilan ini jangan melenakan kita. Masih banyak pekerjaan di depan mata setelah ini dalam membangun kembali kejayaan olahraga Lampung. Semoga Allah meridhoi dan memberkahi kita semua. Aamiin yaa robbal alamin.” tutur Yusuf Barusman.

Setelah pulang dari PON Papua, banyak pekerjaan yang harus segera dimulai, seperti Pekan Olahraga Provinsi Lampung tahun 2022, Pekan Olahraga Wilayah di Aceh tahun 2023, dan persiapan PON di Sumut-Aceh tahun 2025.

Edi ‘Don Pechy’ Purwanto

  • Bagikan