Beranda News Pilgub Lampung Ketua KPU Lampung: Debat untuk Mengeksplorasi Kemampuan Pasangan Cagub-Cawagub

Ketua KPU Lampung: Debat untuk Mengeksplorasi Kemampuan Pasangan Cagub-Cawagub

134
BERBAGI
Ketua KPU Lampung,, Dr.Nanang Trenggono
Ketua KPU Lampung,, Dr.Nanang Trenggono

Dandy Ibrahim | Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG — Debat Kandidat Pasangan Calon Gubernur-Calon Wakil Gubernur Lampung 2019-2024 digelar KPU Lampung di Ballroom Hotel Novotel, Sabtu malam, 7 April 2018.

Pada debat kandidat putaran pertama yang dipandu moderator Juwendra Asdiansyah (Pemred duajurai.co) itu, semua paslon hadir kecuali paslon nomor urut 4. Mereka adalah Ridho Ficardo-Bachtiar Basri, Herman HN-Sutono, Arinal Djunaidi-Chusnunia, dan Ahmad Jajuli. Cagub nomor urut 4. Mustafa, berhalangan hadir.

Saat menyampaikan sambutan Ketua KPU Dr. Nanng Trenggono mengatakan pihaknya menggelar tiga kali debat. Yakni pada 7 April 2018, 28 April 2018. dan 11 Mei 2018.

“Debat pertama malam ini rencananya akan digelar di Jakarta. Namun, dengan banyak pertimbangan dan masukan dari beberapa pihak akhirnya debat dilaksanakan di sini,” kata Nanang.

Nanang mengatakan, debat ini untuk memenuhi keinginan masyarakat.

“Oleh sebab itu kami meminta kepada para calon untuk
mengespresikan dan mengeksplorasi kemampuanya agar masyarakat Lampung yang sekitar lima  juta lebih pemilih mendapatkan pemimpin yang amanah,” kata Nanang.

Menurut Nanang, dalam debat ini ada tiga tolok ukur debat. Yakni, kapasitas paslon dalam menerjemahkan visi dan misinya, kedalaman emosionalnya,dan kematangannya.

Tim pakar yang terlibat dalam debat ini adalah Dr. Khairudin Tahmin,M.Ag (Ketua MUI Lampung dan dosen UIN Raden Intan), Dr.Erina Pane (dosen Pasca Sarjana Unila), Dr. Rohani (dosen FH Unila) dan Dr. Didi Mawardi (Ketua STIH Muhammadiyah).