Beranda Ruwa Jurai Pringsewu Ketua KPU Lampung Resmikan Rumah Pintar Pemilu Pringsewu

Ketua KPU Lampung Resmikan Rumah Pintar Pemilu Pringsewu

263
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM — Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung Nanang Trenggono meresmikan Rumah Pintar Pemilu (RPP) Si-Balu, di Kantor KPU Pringsewu, Kompleks Pemkab Pringsewu, Senin petang (5/6/2017).

Peresmian Rumah Pintar Pemilu  berukuran 10×12 meter itu ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati Pringsewu Sujadi, dilanjutkan dengan berbuka puasa bersama.

“Rumah Pintar Pemilu ini bertujuan meningkatkan partisipasi dan menciptakan pola pemilih yang cerdas. Semoga keberadaan RPP di Pringsewu berdampak positif bagi partisipasi pemilih dan kualiatas pemilu,” katanya.

Menurut Nanang Trenggono, dengan diresmikannya RPP di KPU Pringsewu berarti saat ini ada empat RPP di Lampung. Yaitu RPP KPU Bandarlampung, RPP KPU Lampung Tengah, RPU KPY Kota Metro, dan RPP KPU Pringsewu.

Bupati Pringsewu Sujadi mengapresiasi KPU Pringsewu yang telah berkreatif mendirikan Rumah Pintar Pemilu.

“Semoga  keberadaan Rumah Pintar Pemilu setelah diresmikan agar dapat difungsikan sesuai dengan peruntukannya, baik terkait dengan proses kepemiluan maupun kegiatan positif lainnya.”Saya atas nama pemerintah Kabupaten Pringsewu siap membantu keberadaan RPP tersebut,” kata Sujadi.

Ketua KPU Kabupaten Pringsewu Andoyo menuturkan, Rumah Pintar Pemilu Si-Balu dibangun menggunakan dana APBN 2017 senilai Rp35 juta.

“Seharusnya selesai pada Maret lalu, karena berbagai kesibukan maka baru bisa diresmikan saat ini,”ujarnya.

Menurutnya RPP merupakan bagian dari upaya KPU dalam melakukan pendidikan Pemilu kepada masyarakat juga merupakan program nasional yang diwajibkan kepada seluruh KPU di Indonesia. Serta bakal berfungsi untuk menginformasikan tentang sejarah Pemilu di Kabupaten Pringsewu, dan eksistensi KPU.”Juga menginformasikan berkaitan dengan jumlah mata pilih di Kabupaten Pringsewu,”terangnya.

Andoyo menjelaskan, RPP Pringsewu ini terdiri dari beberapa ruang yakni, ruang simulasi, ruang display (pameran) perangkat pemilu berkaitan dengan data statistik, perpustakaan, ruang diskusi dan studio mini untuk pemutaran film serta diorama TPS.

Dia menambahkan sasaran keberadaan gedung RPP adalah memberikan pendidikan pemilu kepada pemilih (pelajar SLTA dan umum) dan pra pemilih (pelajar dari SD hingga SMP). “Targetnya, diharapkan mereka memiliki pemahaman bisa menyelenggarakan pemilu dimasa mendatang,”ungkapnya.‎

Ketua KPU Pringsewu menjelaskan, gedung RPP akan terbuka bagi masyarakat umum. “Artinya, jika masyarakat ingin melihat keberadaan Rumah Pintar Pemilu maka cukup datang ke Sekretariat KPU Pringsewu di Komplek Pemkab Pringsewu, gratis,” katanya.

Hadir pada agenda tersebut keempat anggota KPU, H.Warsito, Hermansyah, Sofyan Akbar Budiman, Agus Prianto, Sekretaris KPU Ihsan Hendrawan, Ketua DPRD Pringsewu H.Ilyasa, Kepala Kesbangpol H.Ibnu Harjianto. Ketua Kampung Demokrasi, Ketua dan anggota KPU Kabupaten Tanggamus, perwakilan Kepala Sekolah SLTA, BEM dan OSIS.

TL/HLS

Loading...