Ketua MA: Sumpah Wakil Rakyat Mengandung Tanggung Jawab terhadap Tuhan

  • Bagikan
Pengucapan sumpah-janji anggota DPR RI, DPD RI, dan MPR RI. (Foto: Ist/DPR RI)

JAKARTA, Teraslampung,com—Para anggota DPR RI, DPD RI, dan MPR RI mengucapkan sumpah/janji di hadapan ketua Mahkamah Agung, Hatta Ali, sebagai tanda mereka resmi sebagai wakil rakyat, Rabu siang (1/10)/

Pengucapan janji/sumpah di Ruang Nusantara Gedung DPR/MPR Senayan, Jakarta itu berlangsung lancar dan khidmat. Dalam acara ini hadir Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Wapres Boediono, Presiden dan Wapres terpilih Joko Widodo dan Jusuf Kalla, para Menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II, Pimpinan Lembaga Negara dan Dubes negara sahabat serta Pimpinan Partai politik.

Acara diawali dengan pengumuman KPU terhadap anggota paling tua dan paling muda DPR, DPD dan MPR yang akan memimpin jalannya pengucapan sumpah anggota ketiga lembaga tinggi negara tersebut. Dra. Popong Otje Djundjunan (76th) adalah anggota tertua DPR, dari Partai Golkar Dapil Jabar I.

Sedangkan angggota  termuda DPR adalah  Ade Rezki Pratama, SE, lahir di Bukittinggi, 8 November 1988 (26th), dari Partai Gerindra Dapil Sumatera Barat II.

Anggota tertua DPD adalah Drs. H. Mudaffar Sjah, M.Si lahir di Ternate 13 April 1935 (79th), berasal dari Dapil Prov. Maluku dan anggota termuda DPD  Riri Damayanti, S.Psi, lahir di Bengkulu 4 Februari 1990 (24th), berasal dari Dapil Prov. Bengkulu.  Sementara itu Pimpinan Sementara MPR adalah Mudaffar Syah dari unsur DPD didampingi Ade Rezki Pratama dari DPR.

Setelah Pimpinan Sementara DPR membuka acara, Sekjen DPR Winantuningtyastiti membacakan SK Presiden tentang susunan keanggotaan DPR periode 2014-2019 hasil pemilu 9 April 2014. Dilanjutkan dengan pengucapan sumpah/janji anggota DPR periode 2014-2019 dipandu oleh Ketua MA Hatta Ali.

Ketua Mahkamah Agung, Hatta Ali, mengingatkan sumpah atau janji  yang diucapkan mengandung tanggungjawab terhadap Tuhan, bangsa dan negara serta tanggung jawab memelihara dan mempertahankan Pancasila dan UUD45.

Seusai pengucapan sumpah/janji, Pimpinan DPR Sementara Popong Otje Djundjunan menerima memori hasil kerja DPR periode 2009-2014 yang diserahkan Ketua DPR Marzuki Alie, didampingi empat Wakilnya Pramono Anung, Priyo Budi Santoso, Taufik Kurniawan dan Sohibul Imam. Popong berharap, memori yang disampaikan DPR periode 2009-2014 hendaknya dapat digunakan oleh DPR selanjutnya, dalam rangka melaksanakan tugas-tugas konstitusionalnya.

Prosesi acara berikutnya adalah pelantikan anggota DPD dilanjutkan dengan pelantikan anggota MPR termasuk penandatanganan berita acara pelantikan serta penyerahan memori kedua lembaga negara tersebut kepada DPD  dan MPR periode 2014-2019 serta ditutup dengan doa oleh Wakil Menteri Agama Nasarudin Umar.

Berikut kalimat sumpah yang diucapkan para anggota DPR RI, DPD RI, dan MPR RI 2014-2019:

Demi Allah (Tuhan) saya bersumpah/berjanji: bahwa saya, akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan, dengan berpedoman pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;


Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh, demi tegaknya kehidupan demokrasi, serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang, dan golongan; bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bambang Satriaji

  • Bagikan