Beranda News Obituari Ketua Yayasan Alfian Husin dr. Yoenidar Karim Alfian Tutup Usia

Ketua Yayasan Alfian Husin dr. Yoenidar Karim Alfian Tutup Usia

212
BERBAGI
dr. Yoenidar Karim Alfian

Bandarlampung, Teraslampung.com – Innalillahi wainnaillaihi rojiun. Ketua Yayasan Alfian Husin, dr. Yoenidar Karim Alfian pada usia 79 tahun, beliau wafat di Rumah Sakit Metropolitan Medical Center Jakarta, Sabtu (28/05), pukul 09.30 WIB.

Jenazah pemilik IBI Darmajaja ini dimakamkan di Pemakaman Keluarga di Pondok Pesantrean Annida, Karang Anyar, Lampung Selatan. Sabtu sore (28/5).

Wanita yang lahir di Padang, Sumatera Barat, pada 27 Juni 1937 ini merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Berprofesi sebagai dokter yang sering berpindah dipelosok daerah di Indonesia, Yoeni banyak mengabdikan diri ditengah masyarakat yang memerlukan bantuan medisnya.

Berbagai jabatan pernah diembannya selama menjadi tenaga medis dan sempat berpindah-pindah dari satu provinsi ke provinsi lainnya di Indonesia bersama suaminya, Alm. Hi. Alfian Husin, SH. Ini menjadi resiko yang ia ambil sebagai istri kepala kejaksaan.

Kepeduliannya terhadap dunia pendidikan muncul justru ketika mendekati usia pensiun. Yoeni dengan dukungan suami dan anak-anaknya mulai merintis mendirikan lembaga pendidikan yang diberi nama Darmajaya pada tahun 1997. Darmajaya sendiri berarti Darma Bakti dan Jasa Yoenidar – Alfian.

Di usianya yang tak lagi muda, serta latar belakang profesi sebagai tenaga medis, tak menghalanginya untuk terjun mengelola lembaga pendidikan yang ia dan suami dirikan. Berbekal pengalamannya berorganisasi sejak SMP hingga kuliah, Yoeni yang masa sekolahnya langganan juara satu atau dua ini mendirikan Darmajaya dan menjabat sebagai ketua yayasan.

Melalui jalur pendidikan, mantan pelaksana Kepala RSU Jambi dan kepala rumah sakit subang ini mencoba mengabdikan dirinya untuk membangun sumber daya manusia (SDM) Lampung agar dapat sejajar dengan provinsi lainnya. Darmajaya sendiri, kini telah berkembang menjadi salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Sumatera bagian selatan.

Perjuangannya membangun Lampung melalui pendidikan ia lanjutkan dengan mendirikan Sekolah Darma Bangsa di tahun 2007 bersama Eric Herlambang. Lalu dilanjutkan mendirikan Taman Bermain Pelangi pada tahun 2008. Pada tahun 2011 Yoeni mendirikan pondok pesantren modern Annida di Karang Anyar Lampung Selatan diatas tanah seluas 10 hektar. Terakhir beliau bersama mitra lainnya juga mendirikan Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Belezza Kedaton.

Tak hanya sukses meniti karir sebagai dokter dan pengusaha, wanita yang akrab disapa Yoeni ini juga menjadi sosok ibu yang berhasil mendidik anak-anaknya untuk mandiri, sukses dan mampu berbuat bagi masyarakat.

BIODATA

Nama                                                    : Hj dr Yoenidar Karim Alfian

Tempat, tanggal lahir      : Padang Panjang, 27 Juni 1937

Suami                                                    : (Alm) H Alfian Husin, SH

Orang Tua                                           : H Abdul Karim gelar St Syarif dan Hj Siti Khadijah

Pendidikan                                         : SDN 4 Padang Panjang

SMPN Bagian B Padang Panjang

SMAN B Bukit Tinggi

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, lulus 1962

Karir                                                       : 1. Asisten Ahli Penyakit Dalam FKUI (1961)

  1. Kepala RS M Tebo (1962)
  2. Pelaksana Kepala RSU Jambi (1963)
  3. RS Budi Kemuliaan Jakarta (1964)
  4. Kepala Instalasi Kisi RSU Palembang (1984)
  5. Kanwil Dinas Kesehatan Sumbar (1990)
  6. Poli Kejaksaan Agung Jakarta (1992)

(*)