Beranda Hukum Korupsi Khamami Ngotot Pencairan Uang Proyek Sesuai Prosedur

Khamami Ngotot Pencairan Uang Proyek Sesuai Prosedur

489
BERBAGI
Bupati Mesuji nonaktif Khamami menjadi saksi untuk terdakwa Sibron Azis di Pengadilan Tipikor Tanjungkarang, Senin (6/5/2019).
Bupati Mesuji nonaktif Khamami menjadi saksi untuk terdakwa Sibron Azis di Pengadilan Tipikor Tanjungkarang, Senin (6/5/2019).

TERASLAMPUNG.COM — Bupati Mesuji nonaktoif, Khamami, ngotot bahwa pelaksanaan proyek selama ia menjabat sebagai  Bupati Mesuji sudah sesuai dengan prosedur. Hal itu diungkapkan Khamami saat menjadi saksi kasus suap untuk terdakwa Sibron Aziz di pengadilan tindak pidana korupsi Tanjungkarang, Senin, 6 Mei 2019.

“Semua berkas yang sampai di meja saya sudah sesuai prosedur Pak Jaksa. Kalaupun minta bantua, saya minta bantuan Inspektorat. Meskipun banyak berkas di meja saya (selaku bupati Mesuji), tetapi prosesnya selalu cepat,” kata Khamami, saat jaksa KPK, Rony Yusuf, bertanya kenapa semua nota pencairan proyek menumpuk di meja Bupati Mesuji.

Jaksa mempertanyakan hal itu karena melihat ada kejanggalan: nota pencairan bukan diurus Kepala Dinas PUPR tetapi langsung oleh Khamami.

Khamami mengaku dengan prosedur seperti itu maka ada unsur kehati-hatian karena semua berkas pencairan proyek bisa dicek satu per satu.

Namun, Jaksa Rony Yusuf menemukan fakta lain. Akibat prosedur seperti itu, maka berdampak ada uang setoran. Ketika hal itu ditanyakan kepada Khamami, mantan anggota DPRD Lampung itu mengaku tidak tahu.

“Apakah Saudara tahu bahwa prosedur itu berimbas adanya penerimaan uang dari rekanan?” tanya jaksa.

“Tidak Pak. (Saya) tidak tahu,” jawab Khamami.

Mas Alina Arifin

Loading...