Khamami Serahkan Bantuan untuk 100 Rumah Tidak Layak Huni di Mesuji

  • Bagikan
Bupati Mesuji (kiri) menyerahkan bantuan untuk pemilik RTLH.

MESUJI, Teraslampung.com–Pemerintah Kabupaten Mesuji menyerahkan  bantan untuk merenovasi rumah tidaklLayak huni (RTLH), di Aula Rumah Dinas Jabatan Bupati Mesuji,Selasa (14/10/2014). Bantuan secara simbolis diserahkan oleh Bupati Mesuji, Khamami kepada perwakilan penerima bantuan RTLH.

Jumlah penerima bantuan RTLH sebanyak 100 Kepala Keluarga (KK) yang terdapat di Desa Sungai Sidang, Desa Sidang Iso Mukti, Sidang SIdo Rahayu, dan Desa Telogo Rejo. Masing-masing KK mendapat bantuan Rp 10 juta untuk rehabilitasi rumah. Sedangkan mekanisme penyaluran bantuan yaitu para penerima bantuan membentuk satu kelompok yang terdiri dari 10 KK, setiap kelompok masing-masing akan memiliki satu rekening bank, sehingga untuk pembagiannya akan dikelola oleh tiap kelompoknya.

Bupati Mesuji dalam arahannya menyampaikan bahwa bantuan RTLH merupakan bantuan dari Kementerian Sosial RI yang bertujuan untuk membantu masyarakat kurang mampu yang memiliki rumah tidak layak huni untuk merehabilitasi rumahnya. “Program ini sejalan dengan keinginan saya agar tidak ada lagi rumah papan di Mesuji,” terangnya.

Dikatakannya, pemberian bantuan RTLH kepada 100 rumah ini merupakan proyek percontohan awal. Jika nanti program ini berhasil, maka pada periode selanjutnya bantuan akan bertambah. “Untuk itu saya minta kepada seluruh pihak agar melaksanakan program ini dengan baik dan kompak. Dana bantuan harus digunakan semestinya sesuai peruntukkannya, jangan diselewengkan. Saya minta para kepala desa untuk mengawal pelaksanaannya,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mesuji, Drs. Surizal Zikri, menambahkan bahwa penyerahan bantuan telah dilaksanakan pada tanggal 7 oktober 2014 yang lalu di Jakarta, dari Sekretaris Dirjen Pemberdayaan Sosial Kementerian Sosial RI kepada Pemkab Mesuji yang diwakili oleh Kepala Dinas Sosial Kab. Mesuji.

 “Program ini merupakan bukti nyata perhatian Pemkab Mesuji kepada masyarakat kurang mampu, untuk meningkatkan harkat dan martabat keluarganya. Karena pada dasarnya rumah bukan untuk berteduh saja, tapi tempat berkumpulnya keluarga. Untuk itu, diperlukan rumah yang nyaman, sehingga ketahanan keluarga akan meningkat,” katanya.

  • Bagikan