Beranda News Lampung Khrisna Murti Jadi Wakapolda Lampung, Ada “Matahari Kembar” di Polda Lampung

Khrisna Murti Jadi Wakapolda Lampung, Ada “Matahari Kembar” di Polda Lampung

506
BERBAGI
Brigjen Ike Edwin dan Kombes Khrisna Murti

TERASLAMPUNG.COM — Sambutan antusias warga Lampung terhadap jabatan baru Komisari Besar (Pol) Khrisna Murti sebagai Wakapolda Lampung menunjukkan bahwa perwira menengah Polri yang terkenal dengan kaos “Turn Back Crime” (TBC) itu sudah dikenal luas alias populer.

Khrisna Murti tidak hanya populer karena wajahnya kerap menghiasi layar kaca (televisi), tetapi juga di media sosial. Popularitasnya itu kerap membuat Khrisna Murti seperti selebritas saat jalan di keramaian: banyak warga minta foto bareng alias selfie.

Kehadiran Kombes Khrisna Murti di Polda Lampung tidak hanya akan membuat suasana menjadi lebih segar, tetapi berpeluang adanya ‘matahari kembar’. Maklum, Kapolda Lampung Brigjen Ike Edwin sejak menjabat sebagai orang pertama di Polda Lampung juga langsung mendapatkan tempat di hati masyarakat. Itu karena Ike berusaha mendekatkan diri dengan masyarakat melalui Kantor Nomaden. Yakni kantor Polda Lampung di luar kantor resmi yang ada di Telukbetung.

Kantor nomaden itu ada di Lapangan Saburai, Terminal Rajabasa, dan Bambu Kuning Square di Kota Bandarlampung. Di kantor nomaden yang hanya memakai tenda itu, Kapolda Lampung menerima langsung pengaduan masyarakat. Biasanya yang diadukan adalah penanganan kasus yang tak beres di tingkat Polres/Polresta atau Polsek. Dan biasanya, Ike Edwin akan langsung merespons dengan cara mengontak anak buahnya. Tak jarang, anak buahnya akan tergopoh-gopoh atau gelagapan karena tidak menyangka akan ditelepon atasannya untuk bertanya soal sebuah kasus.

Ike juga dikenal royal. Ia sering membagi uang kepada wartawan yang bisa menjawab pertanyaan. Itu biasa dilakukan Ike jika sedang berkunjung ke perusahaan pers atau kumpul-kumpul dengan wartawan.

Akhir-akhir ini Ike juga terlihat rajin muncul di media sosial, terutama Facebook. Foto-foto Ike disertai sedikit narasi pengantar menggambarkan Ike sebagai polisi yang ramah dan dekat dengan masyarakat Lampung. Namun, ada sebagian netizen yang curiga bahwa akun Facebook Ike Edwin bukanlah milik Kapolda Lampung Brigjen Ike Edwin. Meskipun faktanya benar status dan foto-foto yang diunggah di akun Ike Edwin itu memang gambar Ike dengan aktivitas kesehariannya, tetapi ketika ada warga Lampung yang membuat surat panjang secara terbuka dan ditujukan kepada akun tersebut, tetapi tidak ada jawaban.

Dari sisi keterkenalan, kedekatan dengan masyarakat, dan popularitas di medsos — dengan catatan akan Facebook Ike Edwin adalah Ike Edwin asli dan dikendalikan sendiri, lalu Ike juga aktif di Twitter– maka kehadiran Kombes Khrisna Murti akan menciptakan “matahari kembar” di Polda Lampung. “Matahari Kembar” bukan dalam pengertian kebijakan dan otoritas menentukan langkah-langkah strategis, tetapi “matahari kembar” dalam pengertian persaingan dua tokoh utama Polda Lampung merebut hati publik.

Bisa jadi. suatu saat jika Kapolda Lampung Brigjen Ike Edwin dan Kombes Khrisna Murti jalan berdua untuk turun ke tengah masyarakat, warga akan berbagi berselfie ria dengan keduanya. Boleh jadi, pilihan warga akan lebiih banyak minta selfie bareng dengan Khrisna Murti. Tapi yakin saja, sebagai bawahan Khrisna Murti tentu akan tahu diri. Dia pasti akan mengatur cara akan kemungkinan seperti itu tidak terjadi.

Tim