Beranda Politik KI Lampung Gelar Deklarasi Komitmen Keterbukaan Informasi Pilkada Serentak 2018

KI Lampung Gelar Deklarasi Komitmen Keterbukaan Informasi Pilkada Serentak 2018

BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM— Untuk mendukung terwujudnya keterbukaan di setiap tahapan pada Pilkada serentak tahun 2018, Komisi Informasi menggelar acara Deklarasi Komitmen Keterbukaan Informasi Pilkada Serentak Tahun 2018 di Hotel Sheraton Bandarlampung, Rabu (13/12/2017).

Acara dekralasi ditandai dengan penadatanganan dekralasi yang didukung oleh sembilan pihak. Yakni Komisi Informasi, KPU Lampung,   Bawaslu Lampung, Kejati Lampung, Polda Lampung, Peradi, Ombudsman, DPRD Provinsi Lampung, Pemprov Lampung.

Menurut Ketua Komisi Informasi Provinsi Lampung Dery Hendryan, dengan adanya kegiatan ini diharapkan keterbukaan informasi dapat tumbuh kembang di alam yang modern ini.

”Kalau kita tidak transparan dan terbuka omong kosong demokrasi bisa terwujud,” katanya.

Dery mengatakan ada tiga hal yang dapat dipetik dari adanya dekralasi komitmen ini di antaranya, pertama, dalam Pilkada 2018 semua pihak yang terlibat dapat menaati hukum dan peraturan yang berlaku.

Kedua, mengedepankan prinsip keterbukaan pada setiap tahapan Pilkada. Ketiga, terpenuhinya hak publik dengan cara Gamkudu memberikan akses seluas luasnya kepada publik.

”Untuk maret tahun 2018, kami juga akan menggelar acara serupa khusus calon kepala daerah dan partai politik saja,” katanya.

Dery juga menjelaskan, kegiatan ini menjadi pintu masuk untuk mengawal Pilkada serentak tahun 2018 dan Pemilu tahun 2019.

“Mari sama-sama kita berkontribusi untuk berperan dalam menyukseskan Pilkada tahun depan dan juga meminimalisir esalahan dari calon calon kepala daerah dan tim suksesnya dalam Pilkada tersebut,” kata Dery.

Sementara itu,Wakil Gubernur Bachtiar Basri berharap pilkada di Lampung berjalan lancar dan aman sehingga Lampung ke depan lebih baik lagi,

“Silakan berkampanye, bersaing tapi tetap menjaga persatuan dan kesatuan dan bagiamana membangun Lampung kedepan . dan semoga dekralasi ini menjadi awal Pilkada Lampung lebih baik lagi kedepan,” kata Bachtiar.

Mas Alina Arifin