Beranda Teras Berita KI Lampung Minta Para Lurah di Bandarlampung Transparan Kelola Dana Kelurahan

KI Lampung Minta Para Lurah di Bandarlampung Transparan Kelola Dana Kelurahan

370
BERBAGI
Ketua Komisi Informasi (KI) Lampung Dery Hendryan.
Ketua Komisi Informasi (KI) Lampung Dery Hendryan.

TERASLAMPUNG.COM — Ketua Komisi Informasi (KI) Lampung Dery Hendryan meminta kesadaran para lurah atau pengelola dana kelurahan di Kota Bandarlampung untuk transparan dalam mengelola dana.

“Yang penting itu adanya kesadaran untuk transparan, kalau kita terbuka Insyallah kinerja akan baik,” katanya usai acara sosialisasi keterbukaan informasi publik dan pengelolaan Pejabat Pengelola Informasi Daerah (PPID), Kamis 28 November 2019, di ruang rapat Inspektorat Bandarlampung.

Dari 126 kelurahan yang ada di Bandarlampung sepertinya tidak ada yang mencantumkan berapa dana kelurahan yang dikelola dan untuk apa saja dana tersebut.

Menurut Dery pihak kelurahan harus mengelola keuanganya harus akuntabel bisa ditampilkan informasinya di online atau juga off line melalui papan pengumuman atau banner.

“Bagaimana membangun pemerintahan yang sehat itu adalah yang terbuka, efektif, efisien dan membelanjakan sesuai dengan rencana serta mengelola sesuai atauran yang ada. Yang paling penting akuntabel dan bisa dipertanggungjawabkan.

Pihaknya juga berupaya memotifasi desa dan kelurahan di seluruh Lampung agar transparan dalam mengelola dana desa dan kelurahan dengan memberikan penghargaan.

“Kami meminta setiap kabupaten dan kota untuk mengirimkan satu desa atau kelurahan untuk kami nilai. Ini tujuannya untuk menyebarluaskan bahwa ada lho undang-undang keterbukaan informasi yang harus dilaksanakan termasuk oleh desa dan kelurahan,” pungkasnya.

Dandy Ibrahim