Beranda Views How To Kiat Aman Naik Kapal Merak-Bakauheni

Kiat Aman Naik Kapal Merak-Bakauheni

356
BERBAGI
Penumpang kapal Merak-Bakauheni.

MERAK, Teraslampung.com — Dengan perjalanan normal, Pelabuhan Merak-Bakauheni biasanya ditenmpuh dalam waktu 2,5 hingga 3 jam. Namun, jika gelombang tinggi dan cuaca buruk — ditambah antrean kapal untuk sandar–waktu tempuh bisa mencapai 3,5 jam lebih.

Jika penumpang naik ke kapal yang nyaman, perjalanan 3-4 jam bisa jadi tidak terasa. Perjalanan akan terasa nyaman dan menyenangkan. Namun, jika kapal yang dinaiki penumpang ternyata fasilitasnya minim, maka perjalanan 3 jam akan sangat membosankan.

Tidak jarang penumpang kapal akan mencari suasana baru agar tidak bosan di dalam kapal. Namun, jika tidak hati-hati, beberapa kemungkinan buruk bisa menimpa penumpang, Misalna, kehilangan barang bawaan, kecopetan, bahkan celaka.

Berikut tips agar kita aman dalam perjalanan dengan kapal Merak-Bakauheni (atau sebaliknya).

1. Jika Anda naik kendaraan umum (bus), jangan tinggalkan tas berisi barang berharga di dalam bus. Meskipun bus dijaga oleh kru perusahan bus, itu bukan jaminan barang bawaan Anda akan aman. Lebih baik tas dibawa ke dalam kapal.

2. Bila kursi di bagian luar ruang ber-AC sudah penuh, lebih baik Anda keluar sedikit uang untuk membayar tiket agar bisa masuk ke ruangan ber-AC. Ada kapal yang ruang AC-nya dengan kursi empuk dan nyaman. Tapi ada kapal yang kursinya sudah jelek. Barang bawaan Anda bisa ditaruh di dekat Anda. Jika ada penumpang serakah (misalnya tidur di kursi dengan 2-3 kursi), Anda bisa permisi dan meminta kesediaan dia agar Anda bisa duduk.

3. Apabila ruang ber-AC ada karpet terhampar yang memang disediakan untuk tidur, janganlah menaruh barang bawaan Anda jauh dari Anda.

4. Jika Anda akan ke toilet, sementara Anda dalam perjalanan seorang diri (tanpa teman atau kerabat), lebih baik barang bawaan Anda dititipkan kepada penjaga pintu ruangan ber-AC atau dibawa ke toilet. Ini lebih aman daripada meninggalkan barang bawaan Anda di ruangan atau menitipkan kepada orang yang baru Anda kenal di kapal.

5. Kalau nda terpaksa harus buang air kecil di toilet, akan lebih baik jika Anda menyiapkan air bersih sendiri, semisal sebotol air mineral. Sebab, tidak semua kapal toiletnya bagus dengan persediaan air bersih yang cukup.

6. Apabila Anda bosan dan akan mencari udara segar, janganlah berada di pagar kapal. Kalau terpaksa atau ingin sekali ke bagian dek. janganlah berada di posisi agak pinggir.

7. Jika Anda naik bus secara ‘ketengan’ atau ‘putus-putus’, janganlah mudah terbujuk oleh tawaran seseorang yang menawari mengantar Anda ke tempat tujuan dengan tarif tertentu.Kecuali, Anda akan berangkat dengan kendaraan yang ditawarkan seseorang itu dengan beberapa kawan lain.

8. Jika Anda naik bus dari  Terminal Bakauheni menuju Terminal Rajabasa, janganlah tertidur pulas di dalam bus. Sebab, selama ini sudah banyak kejadian buruk yang menimpa penumpang kendaraan umum di jalur Bakauheni-Rajabasa. Misalnya dompetnya hilang atau barang bawaannya yang hilang.

9. Jika menunggu kapal sandar, janganlah berada di dekat pagar pembatas kapal.

10. Janganlah terburu-buru jika hendak keluar dari kapal.

11. Jika Anda naik bus, janganlah kembali ke bus pada saat kapal benar-benar sandar. Saat kapal hendak sandar,lebih baik Anda sudah bersiap-siap naik ke bus atau ke mobil yang Anda tumpangi.

Dewi Ria Angela/BAMS

Loading...