Beranda Seni Musik Kim Commanders dan Kosela Galang Dana untuk Korban Gempa Palu-Donggala

Kim Commanders dan Kosela Galang Dana untuk Korban Gempa Palu-Donggala

273
BERBAGI
Kim Commanders

Zainal Asikin |Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG-Prihatin atas musibah bencana alam gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Palu, Sigi dan Donggala, Sulawesi Tengah, pada Jumat 28 September 2018 lalu, membuat seorang musisi perdamaian dunia, Kim Commanders bersama Komunitas seniman jalanan lampung (Kosela) yang dipunggawainya merasa terpanggil untuk melakukan sesuatu.

Musisi yang karya lagu baladanya diakui oleh dunia, “Children With No Land” itu bersama Komunitas seniman jalanan lampung (Kosela), akan tampil dalam konser amal penggalangan dana untuk korban bencana alam di Sulawesi Tengah yang diinisiasinya bersama Ketua Yayasan Alfian Husin Universitas IIB Darmajaya, Dr. Andi Desfiandi, SE, MA.

Konser amal yang bertajuk “Lampung Bersatu Untuk Sulawesi Tengah” tersebut, akan digelar di Aula Lantai III Gedung Alfian Husin Kampus Institut Informatics and Business (IIB) Darmajaya atau yang dikenal dengan nama Kampus Biru di Jalan ZA Pagar Alam, Kedaton, Rabu malam 10 Oktober 2018 sekitar pukul 19.30 WIB.

Kim Commanders menuturkan, konser amal penggalangan dana bertajuk “Lampung Bersatu Untuk Sulawesi Tengah” tersebut, dinisiasi dirinya bersama Ketua Yayasan Alfian Husin Universitas IIB Darmajaya, Dr. Andi Desfiandi, SE, MA pada 29 September 2018 lalu untuk membantu meringankan beban dan penderitaan untuk saudara-saudara kita di Palu, Sigi dan Donggala, Sulawesi Tengah yang tertimpa musibah bencana alam gempa bumi dan tsunami.

“Begitu terjadi musibah bencana alam di Sulawesi Tengah, saya langsung tergerak untuk melakukan penggalangan dana. Lalu keesokan harinya, saya konfirmasi dengan Bang Andi Desfiandi selaku Ketua Yayasan IBI Darmajaya. Alhamdulilah, beliau (Andi) merespons dan mengajak saya bersama Kosela untuk menggelar konser amal penggalangan dana di Kampus IIB Darmajaya,”ujarnya kepada teraslampung.com saat berkunjung ke Sekret Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bandar Lampung di Jalan H. Agus Salim, Kelurahan Kelapa Tiga, Tanjungkarang Pusat, Selasa 9 Oktober 2018.

Selanjutnya, kata Lukman Hakim atau yang akrap disapa Kim Commanders, sebelum digelar acara malam puncak konser amal penggalangan dana tersebut, dirinya bersama para musisi Kosela yang dipunggawainya dan sejumlah mahasiswa kampus IIB Darmaja berkoordinasi dengan dirinya untuk melakukan penggalangan dana korban bencana alam tersebut terlebih dulu.

“Dari penggalangan dana awal yang telah dilakukan, terkumpul sebesar Rp 2 juta, lalu Rp 6 juta dan beberapa hari berikutnya terkumpul Rp 12 juta lebih,”ungkapnya.

Dikatakannya, malam penggalangan dana konser amal tersebut, digelar terbuka untuk umum yang peduli terhadap sesama yang ingin menyisihkan sebagian rezekinya untuk membantu para korban bencana alam yang terjadi di Sulawesi Tengah tersebut.

“Ini adalah bentuk rasa kepedulian kita semua khususnya warga Lampung untuk membantu saudara-saudara kita di Palu, Sigi dan Donggala, Sulawesi Tengah yang sedang tertimpa bencana alam gempa bumi dan tsunami. Kalau bukan kita siapa lagi, dan inilah saatnya untuk berbagi terhadap sesama tanpa harus memandang suku dan agama,”ucap pria asli kelahiran Telukbetung, Bandarlampung ini.

Dalam acara malam puncak konser amal penggalangan dana tersebut, lanjut Kim, dia akan tampil bersama musisi dari Komunitas Seniman Jalanan Lampung (Kosela) seperti Nopi (akuistik), Hendra Rai (melodi), Maing (akuistik melodi), Anto (Bas), Bowo (cajon), Atik (conga), Hendra Roda (perkusi), Lola Yunita (vokal), Riyan, Nada dkk (baking vokal) akan menampilkan karya musik terbaiknya dengan membawakan empat buah lagu.

Dari empat lagu yang akan dinyanyikan, dua diantaranya adalah karya Kim Commanders yakni ‘Asa Sang Anak Bangsa’ dan ‘Merah Putih Didenyut Nadi’. Kemudian dua lagu lainnya adalah, ‘Baku Jaga’ karya musisi Pasha Ungu yang saat ini menjabat sebagai Walikota Palu, Sulawesi Tengah dan lagu karya musisi Ebiet G. Ade dengan judul ‘Masih Ada Waktu’.

“Saat menyanyikan lagu ‘Merah Putih Didenyut Nadi’ diselah-selah lagu (intro reff) akan dilakukan pembacaan puisi ‘Setitik Harapan Ditanah Donggala’ karya Kim Commanders yang akan dibawakan oleh Ketua Yayasan IIB Darmajaya, Andi Desfiandi,”pungkasnya.

Sementara Ketua Yayasan Alfian Husin IIB Darmajaya, Dr. Andi Desfiandi, SE, MA menuturkan, pada acara tersebut, selain akan dilakukan penggalangan dana dari tokoh masyarakat, para pengusaha, perbankan dan masyarakat yang peduli terhadap musibah bencana alam yang terjadi di Sulawesi Tengah tersebut, akan dilakukan juga lelang barang.

“Selain menampilkan musisi perdamaian dunia, Kim Commanders bersama band akuistik Komunitas seniman jalanan lampung (Kosela), malam konser amal penggalangan dana itu akan dihibur juga sejumlah artis dari Ibu Kota,”ujarnya.

Dikatakannya, kegiatan ini merupakan inisiasi dari Kampus IIB Darmajaya yang juga melibatkan pihak eksternal bersama Kim Commanders. Kegiatan ini juga, mendapat dukungan dari sejumlah tokoh, pejabat, pengusaha dan masyarakat lampung yang peduli terhadap musibah bencana alam tersebut.

“Bahkan para mahasiswa IIB Darmajaya, sudah lebih dulu melakukan penggalangan dana di internal yakni melalui UKM As-Salam, para karyawan, dosen dan sivitas akademi IIB Darmajaya. Donasi yang sudah terkumpul hingga saat ini, sebesar Rp 1 miliar yang didapat dari para relawan dan pengusaha di Lampung,”ungkap Ketua Relawan Bravo 5 ini.

Menurutnya, hasil dari penggalangan dana awal itu, nantinya akan digabungkan pada malam puncak konser amal bertajuk “Lampung Bersatu Untuk Sulawesi Tengah” yang akan digelar di Aula Lantai III Gedung Alfian Husin Kampus IIB Darmajaya pada Rabu malam besok.

Diketahui, pada acara malam puncak konser amal penggalangan dana bertajuk “Lampung Bersatu Untuk Sulawesi Tengah” tersebut, akan diisi juga oleh beberapa penyanyi dan musisi lainnya seperti Yosi Linda (Akademi Indosiar), Popo (D’Academy), artis Ibu Kota, Clara Gopa dan PT. Pelindo Band.

Acara tersebut, akan dihadiri langsung oleh Gubernur Lampung terpilih, Ir. H. Arinal Djunaidi dan Wakil Gubernur Lampung terpilih, Dr. Hj. Chusnunia Chalim, M.Si, M.Kn. Selain itu juga, beberapa pejabat lampung lainnya, para relawan, pengusaha lampung, sejumlah organisasi, tokoh masyarakat dan dikung oleh Bank BNI, BRI, BJB, Aptisi Lampung, IPC Panjang serta sejumlah perusahaan dibawah naungan Yayasan Alfian Husin.

Loading...