Beranda Teras Berita Kini, Puluhan Becak Kondom Beroperasi di Yogya

Kini, Puluhan Becak Kondom Beroperasi di Yogya

149
BERBAGI

YOGYA, Teraslampung.com — Pemerintah Kota Yogyakarta, Selasa (26/08/2014) melepas puluhan Becak Wisata untuk Kampanye Penanggulangan HIV AIDS, di Halaman Air Mancur Balaikota. Becak ini unik, karena telah dilukis gambar kondom di selebornya, sebagai media kampanye.

Sekretaris Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kota Yogyakarta, F Kaswanto menerangkan, hal ini dilakukan mengingat kasus HIV/AIDS di Kota Yogya terus meningkat. Sudah ada 677 kasus di akhir 2013, dan naik menjadi 714 pada triwulan pertama 2014. Karena itu penanggulangan harus dilakukan dengan terus menerus. “Perlu diupayakan terus-menerus, melalui kampanye penggunaan kondom, bila hubungan seks beresiko,” ujarnya.

Ia menilai Kondom pencegah HIV yang paling efektif. Lukisan kondom pada selebor becak dilakukan pada 60 becak dari beberapa komunitas becak di Yogyakarta yang tergabung dalam  Paguyuban Becak Wisata Kota Yogya. Selain itu diberikan papan catur berisi informasi penanggulangan HIV/AIDS kepada pengemudinya. “Becak dipilih, karena paling dekat dengan rakyat, dan luas jangkauannya,” ujarnya.

Sekda Kota Yogya Titik Sulastri mewakili walikota mengakui, kondom merupakan cara efektif mengurangi penyebaran HIV/AIDS. Sayangnya penggunaannya belum populer di kalangan masyarakat, terudama di kalangan ODHA dan pelaku seksual beresiko. “Penggunaan becak sebagai media kampanye kami nilai sangat efektif,” ujarnya.

Sumber: kedaulatanrakyat.com

Loading...