Beranda Seni Film KIYAI, Film tentang Falsafah Hidup Orang Lampung Siap Diluncurkan

KIYAI, Film tentang Falsafah Hidup Orang Lampung Siap Diluncurkan

983
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM — Sebuah film bernuansa warga lokal Lampung berjudul Kiyai – Pesenggiri Falsafah Jemo Lappung produksi Sanggar Pelangi Anak Indonesia (PAI) Lampung akan diluncurkan di Aula Dinas Pendidikan Provinsi Lampung,Jalan Drs Warsito, Telukbetung, Selasa (9/5), Pukul 13.00 WIB – 15.00 WIB mendatang.

Film yang isutradarai Damsi Tarmizi ini mengandung pesan moral pentingnya menjaga kearifan lokal Lampung.

“Peluncurkan akan dilanjutkan dengan diskusi yang menghadirkan pembicata Kadisdikbud Provinsi Lampung Sulpakar dan Daniel H. Ghanie dari Komunitas Penala Budaya,” kata produser eksekutif Rikky Ramlie, Sabtu (6/5/2017).

Menurut Rikky, setelah diluncurkan film ini selanjutnya akan ditayangkan di sekolah-sekolah sebagai sarana apresiasi dan pembelajaran.

Film ini mengusung semangat Piil Pesenggiri yang merupakan filosofi dan pilar kehidupan orang Lampung. Para pemain di film ini antara lain  Johan DX, Akbar Ricky Feria, Resha Taruna Dumai dan H Nusyirwan.

Menurut Rikky, film Kiyai berkisah tentang kehidupan keluarga sederhana yang saling pengertian dan bergotong royong dalam menghadapi kehidupan.

Dikisahkan sebuah keluarga yang ayahnya bekerja sebagai penjaja air bersih dengan gigih mencari nafkah demi kedua anaknya. Ketika ayahnya jatuh sakit, anak tertua terpaksa berhenti sekolah, sang anak rela berjualan demi membeli obat untuk ayahnya dan biaya untuk adiknya sekolah.

Suatu saat kepala sekolah memergoki dan mengetahui alasan sang kakak tidak bersekolah. Kepala sekolah memintanya untuk tetap melanjutkan sekolah, dan akhirnya sang anak membukukan berprestasi.

 

Loading...