Beranda Views Suara Publik Klarifikasi GML Soal Kabar Anggota GML Terlibat Curanmor

Klarifikasi GML Soal Kabar Anggota GML Terlibat Curanmor

758
BERBAGI
KTA GML palsu.

Baru-baru ini tersiar di media online dan audio visual tentang penggerebekan pelaku curanmor di Waylunik, Kecamatan Panjang, Kota Bandarlampung. Dalam berita tersebut terdapat visual dan narasi yang menyebutkan bahwa pelaku adalah anggota ormas  Gema Masyarakat Lokal (GML). Dalam tayangan audio visual juga ditunjukkan  kartu tanda anggota (KTA) GML.

Setelah kami melakukan verifikasi terkait informasi tersebut, maka kami atas nama semua anggota ormasl GML dan selaku Ketua Umum DPP GML GML mendapatkan beberapa hal yang bisa kami terangkan melalui rilis media ini.

– Bahwa pelaku terindikasi bernama Zainuddin.
– Bahwa secara organisatoris orang ini telah kami lakukan pembinaan secara baik baik agar mengubah perilaku dan kebiasaannya yang menjadi bagian dari program organisasi kami sebagai organisasi masyarakat yang bertugas membina para calon anggota dan anggota GML menjadi lebih baik lagi dalam tatanan hukum sebagai warga negara republik indonesia
– Bahwa dalam beberapa hal pelaku tidak pernah melakukan aturan organisasi sebagai bagian dari GML dan calon anggota GML. Kami telah menindak tegas keberadaannya sebagai calon anggota ormas untuk tunduk dan patuh pada peraturan organisasi GML dan juga sebagai warga negara Republik Indonesia.
– Bahwa kartu anggota GML hanya diberikan kepada  calon anggota yang telah layak sebagai anggota GML. Tidak ada jenis KTA Lainnya selain dari DPP GML.
– Pelaku telah melakukan pembuatan KTA sendiri. Hal itu menyalahi aturan organisasi GML. Hal ini fatal dan melanggar disiplin organisasi. Apalagi yang bersangkutan tidak lulus sebagai calon anggota
– Kami tidak menoleransi para calon anggota bahkan anggota ormas GML yang tidak patuh pada kebijakan peraturan organisasi DPP GML. Bahkan sampai mengeluarkan KTA yang tidak sesuai dengan kebijakan DPP GML.

Terkait hal itu, siapa pun yang mengatasnamakan GML dengan segala tindak tanduknya kami sebagai ormas membuka diri jika ada hal hal yang meresahkan secara nilai nilai yang ada di masyarakat. Sebab, ormas GML hadir sebagai pendamping dan rekan kerja rakyat dalam memperbaiki hak hak rakyat sebagai warga negara Republik Indonesia yang patuh pada ketentuan hukum perundangan yang berlaku serta dapat menjunjung tinggi nilai Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika.

Silahkan kepada rakyat lainnya informasikan hal apapun terkait keberadaan para calon anggota dan anggota GML dimanapun berada ke no pribadi saya : 0812-7825-4409

Atas pemberitaan tersebut yang menyudutkan ormasl GML kami merasa perlu melakukan klarifikasi dan pernyataan sikap sebagai berikut :

1. Bahwa DPP GML dengan tegas menyatakan bahwa Zainuddin pelaku curanmor dalam pemberitaan tersebut bukan anggota ormas GML. Ia hanya  oknum mengaku sebagai anggota ormas GML.

2. Bahwa setelah kami teliti secara organisasi dan administrasi keanggotaan keluarga besar Ormas GML tidak pernah mengeluarkan kartu tanda anggota atas nama Zainuddin. Sebab, KTA sepenuhnya merupakan kewenangan Dewan pengurus pusat dalam mengeluarkanya setelah di lakukan verifikasi kelayakan sebagai anggota bahkan sebagai calon anggota GML.

3. Bahwa DPP GML keberatan terhadap pemberitaan yang langsung menyebutkan nama orang tersebut sebagai anggota ormas GML tanpa konfirmasi kebenarannya sesuai kaidah jurnalistik yang baik dan benar.

Kalianda, 18 Januari 2020

Tertanda

Ketua DPP Gerakan Masyarakat Lokal – GML
Rizal Anwar

Loading...