Beranda Teras Berita KMP Marisa Nusantara Ditabrak Kapal Kamboja di Dekat Pelabuhan Bakauheni

KMP Marisa Nusantara Ditabrak Kapal Kamboja di Dekat Pelabuhan Bakauheni

327
BERBAGI
Jalur pelayaran Merak-Bakauheni (googlemaps)

Bakauheni, Teraslampung.com – KMP Marisa Nusantara ditabrak sebuah kapal barang berbendera Kamboja di perairan dekat Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Sabtu dini hari sekitar pukul 04.30 WIB (3/5). Meski mengalami kerusakan pada bagian lambung, kapal yang berangkat dari Pelabuhan Merak Banten menuju Bakauheni Lampung sekitar pukul 01.50 WIB itu selamat.

“Tabrakan itu terjadi sekitar tiga mil dari Pelabuhan Bakauheni, sekitar pukul 04.30 WIB. Tidak ada korban jiwa. Kapal bisa melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Bakauheni,” kata Manajer  Operasional PT ASDP Indonesia Fery Cabang Bakauheni, Heru Purwanto, Sabtu (3/5).

Heru mengatakan kapal yang tersebut mengalami kerusakan di lambung kanan bagian depan. Begitu sampai di Pelabuhan Bakauheni, kapal siap dikandangkan untuk menjalani ‘perawatan rutin’.

Menurut Heru, berdasarkan data manifes KMP Marisa Nusantara mengangkut  47 mobil dan 86 penumpang. Sebanyak 22 kendaraan monol pribadi dan dua sepeda motor dikabarkan rusak akibat saling berbenturan di dalam kapal.

Tabrakan dahsyat pernah terjadi di sekitar perairan Pelabuhan Bakauheni pada Rabu, 26 September 2012, sekitar pukul 04.48 WIB. Ketika itu KMP Bahuga Jaya yang berlayar dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni tenggelam setelah ditabrak kapal tangker Norgastar, sekitar 4 mil laut dari Pelabuhan Bakauheni.

Tabrakan tersebut menyebabkan KMP Bahuga yang membawa ratusan penumpang itu rusak parah di bagian lambung dan tenggelam. Sebanyak 8 korban tewas dalam tragedi tersebut.

Loading...