Beranda News Nusantara Tim KN Gajah Laut Bakamla RI Tangkap Kapal dengan ABK Filipina

Tim KN Gajah Laut Bakamla RI Tangkap Kapal dengan ABK Filipina

179
BERBAGI
Proses penangkapan kapal berbendera Indonesia dengan ABK warga Filipina oleh kru KN Gajah Laut. (Istimewa)

TERASLAMPUNG.COM — Tim Kapal Negara (KN) Gajah Laut milik Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI yang dikomandani Mayor Laut Pulung Nugroho menangkap kapal berbendera Indonesia dan anak buah kapal (ABK) warga negara Filipina di kawasan Laut Sulawesi, Kamis (16/6).

Kapal ikan ALFIT – 07 memiliki ukuran 5 GT dan saat dilakukan pemeriksaan ditemui memuat ikan tuna sebanyak 50 kilogram. KN. Gajah Laut dengan nomor lambung 4804 milik Bakamla RI yang sedang melakukan Operasi Nusantara V melakukan pemeriksaan terhadap kapal tangkapan tersebut pada 03º 29’ 200” N/124º 55’ 450” E.

Setelah dilakukan pemeriksaan, diketahui bahwa kapal tersebut memiliki 8 orang ABK warga negara Filipina. Saat diminta untuk menunjukkan dokumen keimigrasian ABK tersebut, mereka tidak memilikinya. Kapal yang dinakhodai oleh Hamza Makoado ini memperkerjakan ABK asing secara ilegal.

Komandan KN. Gajah Laut Bakamla RI, Mayor Laut (P) Pulung Nugroho, S.E. yang ikut dalam aksi pemeriksaan menyatakan bahwa kapal ini akan dilakukan proses lanjut, mengingat pelanggaran hukum yang ditemui.

“Untuk saat ini dugaan pelanggarannya terkait Pasal 35 (a) UU No. 45 Tahun 2009 tentang Perikanan, Pasal 310 Jo Pasal 135 UU No. 17 Tahun 2009 tentang Pelayaran, Pasal 51 (a) dan Pasal 53 UU No. 9 Tahun 1992 tentang Keimigrasian, yaitu mempekerjakan ABK asing tanpa dilengkapi dokumen yang sah,” ujarnya.

Saat ini kapal ikan tersebut ditarik ke Pelabuhan Bitung dan akan diserahkan ke PSDKP Bitung untuk proses pemeriksaan lebih lanjut.

KN Gajah Laut  dibangun di dalam negeri dengan bodi terbuat dari besi baja bagian bawah dan aluminum alloy bagian atas. Kapal yang  bisa diisi 26 kru dan memiliki panjang 48,5 meter dan lebar 7,80 meter. Kapal yang menggunakan mesin MAN 12 valve 2 unit dengan kekuatan masing – masing 1800 horse power.

Dengan kecepatan 20 knot, KN Gajah Laut bertugas mengamankan laut Indonesia terutama memburu para pelaku illegal fisihing atau pencuri ikan.