Beranda Teras Berita Koalisi Merah Putih Tuduh Putusan MK tidak Adil

Koalisi Merah Putih Tuduh Putusan MK tidak Adil

244
BERBAGI
Perwakilan Koalisi Merah Putih usai konferensi pers menyikapi hasil putusan MK, Kamis malam (21/8). 

JAKARTA, Teraslampung.com — Partai-partai yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih pimpinan Prabowo Subianto menuding keputusan Mahkamah Konstitusi tidak mencerminkan keadilan substantif. Penegasan itu disampaikan Tantowi Yahya, juru bicar koalisi, saat membacakan pernyataan sikap Koalisi Merah Putih dalam konferensi pers yang digelar di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Kamis malam (21/8).

Konferensi pers sengaja digelar untuk menyikapi hasil putusan Mahkamah Konstitusi yang beberapa jam sebelumnya menolak semua gugatan capres-cawapres Prabowo dan Hatta Radjasa. Pada konferensi pers tersebut Prabowo-Hatta Rajasa tidak hadir. Tantowi mengklarifikasi ketidakhadiran Prabowo dan para ketua partai Koalisi Merah Putih pada pertemuan tersebut karena sedang menengok para relawan Prabowo-Hatta Rajasa yang dirawat di rumah sakit setelah bentrok dengan aparat keamanan ketika ‘berjuang’ mendukung Prabowo-Hatta Rajasa.

Menurut juru bicara Koalisi Merah Putih, Tantowi Yahya, keduanya sedang menjenguk para pendukung yang terluka dalam aksi unjuk rasa di depan gedung Mahkamah Konstitusi.
“Kami mengakui putusan Mahkamah Konstitusi sebagai institusi yang mengadili dan memutus akhir sengketa pilpres. Kami mencermati dan mengikuti semua proses persidangan selama dua minggu terakhir,” kata Tantowi, saat membacakan pernyataan sikap.

Meski menyatakan menerima, kubu Prabowo menuduh bahwa sistem dan proses persidangan di Mahkamah Konstitusi tidak mengindahkan bukti secara mendalam dan tidak dapat mengungkap keterangan saksi.

“Atas dasar itu putusan MK meski pun bersifat final dan mengikat belum tentu mencerminkan keadilan dan kebenaran yang substantif bagi rakyat Indonesia. Kami akan terus berjuang. Kami mengucapkan terima kasih kepada para relawan yang sudah bekerja dan berjuang untuk Prabowo-Hatta Rajasa,meski dengan hasil yang mengecewakan,” tambahnya.

Koalisi Merah Putih menyatakan akan tetap mengawal langkah hukum lain yang masih berjalan dan mengkaji langkah politik ke depan.

“Kepada para pendukung dan pemilih pasangan nomor satu kami ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya,”kata Tantowi.

Loading...