Kolombia Vs Pantai Gading: Imbang atau Kolumbia Menang Tipis

  • Bagikan

Ari Pahala Hutabarat 

Pertandingan Piala Dunia antara Kolombia versus Pantai Gading malam ini kemungkinan besar akan berakhir imbang. Kalaupun ada tim yang unggul, maka menurut saya Kolombia akan unggul tipis atas Pantai Gading.

Kolombia, tim yang oleh Pele pada piala dunia 1994 dianggap sebagai tim yang paling pantas untuk dijagokan menjadi juara dunia itu, kemungkinan akan melakukan strategi penguasaan bola dan passing-passing ygg cepat dan akurat melawan kekuatan fisik dan determinasi tinggi Pantai Gading.

Ada beberapa faktor yang akan membuat Kolombia ‘sedikit lebih unggul’ ketimbang tim yang berjuluk ‘Si Gajah’ dari afrika tersebut. Pertama, faktor mitos–karena piala dunia kali ini diadakan di ranah Amerika Latin, maka biasanya yg akan menjadi juara tentulah tim-tim yg berasal dari wilayah tersebut.

Selama piala dunia berlangsung di wilayah Amerika belum pernah sekalipun wakil dari Eropa, apalagi Afrika, yg mampu merebut gelar juara di lomba bal-balan kasta tertinggi tersebut. Lalu, faktor mitos ini pun sesungguhnya tidak berdiri sendiri, karena ia juga berkaitan dengan cuaca dan kedekatan emosional-kultural, juga jarak geografis–yang kesemuanya mau tak mau akan berpihak pada Kolombia.

Faktor yang kedua adalah stamina atau ketahanan fisikal yang relatif lebih aman berpihak pada Kolombia. Jarak yg dekat antara Kolombia dan Brasil plus hanya sekitar 35% pemainnya yang bergabung di klub-klub Eropa membuat endurance dan kesegaran pemain-pemain  Kolombia sedikit lebih baik.

Hal ini berbanding terbalik dengan para pemain Pantai Gading. Hampir 90% pemain-pemain Pantai Gading merumput di klub-klub Eropa, yang seperti diketahui mempunyai jadwal bertanding yang paling padat dan karena itu menguras energi. Selain itu, jarak geografis yang jauh antara Pantai Gading dan Brasil mau tak mau mempengaruhi kebugaran pemain mereka.

Tim Kolombia. (.milleralexmart.com)

Faktor ketiga strategi penguasan bola plus operan-operan pendek dan cepat ditambah sesekali serangan balik dari Kolombia rasa-rasanya akan mampu meredam strategi determinasi yang tinggi dari Pantai Gading. Meskipun dari segi kekuatan fisik, sama seperti halnya tim-tim asal Afrika yang lain, Pantai Gading lebih unggul, namun pada pertandingan kali ini hal tersebut akan mampu diredam oleh permainan cantik ala Amerika Latin-nya Kolombia.

Seperti biasa, dan sudah terbukti pada saat bertanding  melawan Jepang kemarin, Pantai Gading akan kembali mengandalkan Didier Drogba untuk menjadi faktor pembeda sekaligus perusak pertahanan Kolombia. Hal ini memang terbukti ampuh saat mereka melawan Jepang, namun saat melawan Kolombia nanti tentu strategi tersebut  tak akan berjalan dengan mudah.

Meskipun Kolombia tidak diperkuat striker kelas satunya, Radamel Falcao, tetapi kemampuan yang relatif merata dari para pemain plus kolektivitas yang apik akan mampu membuat Kolombia meredam amukan ‘Si Gajah Afrika’ tersebut. Jadi sekali lagi, kedua tim sama-sama mempunyai motivasi yang tinggi untuk bersegera lolos ke babak 16 besar karena telah sama-sama mengoleksi nilai 3. Namun jika hasilnya tidak seri atau imbang, maka saya lebih menjagokan Kolombia yang menang, meskipun dengan skor yang tipis atau selisih satu.

  • Bagikan