Beranda News Pusiban Kondisi Dua Pasien Suspect Virus Corona di Lampung Membaik

Kondisi Dua Pasien Suspect Virus Corona di Lampung Membaik

197
BERBAGI
Kepala Dinas Kesehatan Lampung, dr. Reihana
Kepala Dinas Kesehatan Lampung, dr. Reihana

TERASLAMPUNG. COM–Dua warga Lampung yang suspect virus corona atau covid-19 dan dirawat di dua rumah sakit kini kondisinya makin membaik. Dua pasien berjenis kelamin laki-laki itu kini dirawat di ruang isolasi RSU Abdoel Moeloek (RSUAM) Bandarlampung dan RS Ahmad Yani Metro.

“”Kondisi pasien laki-laki yang ada di RSUAM makin membaik. Kemampuan paru-parunya menyerap oksigen masih 96. Jadi, posisinga saat ini masih dalam stabil,” kata Kepala Dinas Kesehatan Lampung, Reihana, Senin, 16 Maret 2020.

Menurutnya, pasien tersebut masih menunggu hasil uji laboratorium dari Kementerian Kesehatan.

“Nanti, pihak Kemenkes akan menghubungi kami. Soal waktunya, belum bisa dipastikan, karena antreannya panjang,. Memang sudah dibuat beberapa jejaring agar uji lab tidak harus ke Kemenkes semeua. Namun, kami  akan melaksanakan MoU dulu dengan jejaring. Terdekat adalah dengan Palembang,” kata Reihana.

Untuk pasien yang ada di RS Ahmad Yani Metro, kata Reihana, suspect kontaknya hanya asal negaranya dari Taiwan.

“Saat ini Taiwan sudah terkonfirmasi. Makanya, ketika dia sakit langsung kita rawat sebagai pasien dengan pengawasan atau PDP,” katanya.

Reihana mengatakan pihaknya akan terus memantau perkembangan pasien, termasuk pasien yang masih dalam status “orang dalam pengawasa” atau OPD karena baru saja pulang dari luar negeri.

“Akan dipantau terus, hasilnya kemudian dilaporkan setiap waktu kepada gubernur,” ujarnya.

Senentara itu untuk DBD, kata Reihana, saat ini sudah ada penurunan kasus. Waktu itu melonjak ada kesalahan dalam menyampaikan data ke pusat.

“Yang bukan DBD dilaporkan sebagai DBD, sehingga seolah-olah jumlahnya melonjak. Harusnya 42 orang pasien, yang dilaporkan  400. Tapi kami sudah mengklarifikasi ke Kemenkes,” kata Reihana.

Loading...