Beranda News Nasional Kondisi Empat Pasien Positif Corona Mulai Membaik

Kondisi Empat Pasien Positif Corona Mulai Membaik

373
BERBAGI
Juru Bicara (Jubir) Pemerintah untuk Penanganan Wabah Virus Corona (Covid-19) Achmad Yurianto saat memberikan keterangan pers di Istana Presiden, Jakarta, Sabtu (7/3/2020). - Bisnis/Rayful Mudassir

TERASLAMPUNG.COM — Pemerintah mengabarkan empat orang yang positif terinfeksi virus Corona kondisinya terus membaik. Gejala Covid-19 dari pasien seperti demam dan batuk mulai berkurang.

Juru Bicara (Jubir) Pemerintah untuk Penanganan Wabah Virus Corona (Covid-19) Achmad Yurianto mengatakan perkembangan empat pasien yang dinamai kasus nomor 1, 2, 3 dan 4 terus menunjukkan tanda membaik.

Baca juga: Pasien Meninggal Dunia di Sulianti Saroso Negatif Covid-19
Laporan yang diterimanya dari RSPI Sulianti Saroso Sabtu pagi menyebutkan kasus 1 dan 2 hanya tinggal menunggu hasil laboratoriun. Apabila hasil lab menunjukkan keduanya negatif dalam dua kali uji, maka akan dipersilakan pulang.

“Sementara itu kasus 3 dan 4 yang baru kita sampaikan kemarin, sekarang ini sudah tidak panas lagi, pileknya sudah tidak terlalu juga, batuk juga sudah berkurang,” kata Yuri di Istana Presiden, Jakarta, Sabtu (7/3/2020).

Baca juga: RSHS Rawat Tiga Pasien Baru dengan Status Pengawasan COVID-19
Sementara itu, suspect atau terduga Corona juga masih terus dimonitor oleh pemerintah. Kendati terus menunjukkan tanda membaik, Yuri menyebut uji laboratorium akan dilakukan beberapa kali.

Yuri mencontohkan kasus Corona di Vietnam, pasien diperiksa hingga tujuh kali baru mendapatkan hasil positif Corona. Pemerintah, ujar Yuri, akan berhati-hari melakukan penelitian terhadap pasien suspect.

Baca juga: RSPI: Belum Ada Obat Khusus bagi Pasien Virus Corona
“Bagi kita sekali lagi status positif atau bukan itu tidak akan banyak perpengaruh terhadap perawatan pasiennya. Akan tetapi lebih cenderung kepada bagaimana antisipasi penularannya,” ujar Yuri.

Yuri menuturkan bahwa pemerintah terus melakukan penelusuran terhadap orang yang sempat bersentuhan langsung dengan empat pasien positif Corona. Upaya ini untuk meminimalisir penyebaran virus kian meluas.

Hingga kini pemerintah baru mengkonfirmasi 4 orang positif Corona. Selain itu sekitar 200 orang lebih masuk kategori pasien dalam pengawasan (PDP). Seluruhnya mendapat penanganan di rumah sakit.

Bisnis

Loading...