Konferda PDIP, Mukhlis Basri Siap Calonkan Diri Jadi Ketua

  • Bagikan
Mukhlis Basri

BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com–Bupati Lampung Barat yang juga Ketua DPC PDIP Lampung Barat, Mukhlis Basri, memastikan diri ikut meramaikan bursa pencalonan ketua DPD PDIP Lampung pada Konfrensi Daerah (Konferda) PDIP Lampung yang dijadwalkan pada Maret 2015 mendatang.

“Sebagai kader PDIP saya harus siap memimpin. Tiga kali saya sudah memimpin DPC Lambar. Kini saatnya ke DPD,” kata Mukhlis, di sela-sela acara penyerahan DIPA, di Balai Keratun, Bandarlampung, Rabu (17/12).

Pria yang dikenal pernah sangat dekat dengan Taufik Kiemas (alm) itu mengaku dirinya sudah  mendapat dukungan serta restu dari  berbagai Pengurus Anak Cabang (PAC) serta Dewan Pimpinan Cabang (DPC).

“Ini semua atas permintaan kawan-kawan seperjuangan di PDIP. Dari berbagai pertimbangan itulah, saya siap maju sebagai calon ketua DPD PDIP,” katanya.

Selain itu, kata mukhlis, semua mekanisme aturan yang ada di AD/ART partai  telah dilalui. Mulai dari penjaringan ranting, anak cabang, hingga pleno di DPC Lambar.

Dijelaskannya, pencalonan ketua PDIP harus mengikuti mekanisme Peraturan Nomor 066 dan 067 sesuai ketetapan DPP, tentang Pedoman Pelaksanaan Mekanisme Konfercab dan Konferda. Sesuai aturan itu, penjaringan untuk DPC dilakukan oleh ranting dan PAC, sementara DPD melalui rapat PAC dan DPC.

“Semua itu sudah dilalui, nantinya akan kita serahkan ke DPD dan diteruskan ke DPP, untuk diseleksi,” ujarnya.

Ditambahkannya, semua kader berpeluang untuk maju sebagai calon ketua PDIP. Namun, harus melalui penjaringan sesuai aturan AD/ART partai.

“Masing-masing PAC mengusulkan 3-5 kandidat, setelah itu diserahkan ke DPD melalui DPC, selanjutnya calon-calon itu diserahkan ke DPP untuk dilakukan seleksi,” kata Ketua DPC Lambar 3 periode ini.

Lanjutnya, setelah diseleksi, DPP akan memutuskan 3 calon kandidat ketua DPD untuk dipilih melalui Konferda.

“Hak suara itu ada di DPC, kita pengurus harian tidak memiliki hak suara pada konfercab. Jadi keputusan itu nanti divoting melalui konfercab untuk menentukan ketua baru,” katanya.

Rizki

  • Bagikan
You cannot copy content of this page