Beranda Ruwa Jurai Lampung Selatan Konservasi Lingkungan di Pulau Sebesi Akhiri Rangkaian Festival Kalianda 2019

Konservasi Lingkungan di Pulau Sebesi Akhiri Rangkaian Festival Kalianda 2019

154
BERBAGI

TERASLAMPUNG.COM  — Kegiatan perjalanan wisata untuk mengkonservasi lingkungan dan melestarikan kehidupan di Pulau Sebesi, Kecamatan Rajabasa, mengakhiri rangkaian Festival Kalianda 2019. Kegiatan yang mengangkat tema “Ekowisata Lampung Selatan Aman” merupakan bagian dari kampanye untuk membangkitan kembali dunia pariwisata Lampung Selatan pasca dilanda bencana tsunami beberapa waktu lalu.

Kegiatan yang diprakarsai Dinas Pariwisata dan Kebudaaan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Selatan itu, dihadiri Staf Ahli Gubernur Lampung Bidang Perekonomian dan Pembangunan Theresia Sormin, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Supriyanto beserta sejumlah Kepala OPD dilingkup Pemkab Lampung Selatan.

Selain itu, kegiatan yang berlangsung pada Minggu (14/7/2019), nampak hadir pula alumni Grand Scheme Australia Universitas Lampung (Unila) serta para tokoh masyarakat dan pemuda setempat.

Sementara, kegiatan Ecotourism itu meliputi aksi bersih pantai, penanaman pohon mangrove, penanaman terumbu karang, pembuatan monumen bawah laut, dan pembuatan gapura di Pulang Umang-umang Desa Tejang, Pulau Sebesi.

Masdar Helmi, mewakili alumni Grand Scheme Australia Unila mengatakan, pada moment tersebut, alumni Grand Scheme Australia Unila telah melakukan penanaman terumbu karang atau rumah ikan untuk pelestarian ikan laut di perairan sekitar Pulau Sebesi, Kecamatan Rajabasa.

Kedepannya, pihaknya juga akan mengadakan workshop untuk masyarakat Pulau Sebesi dalam rangka meminimalkan dampak tsunami.

“Mudah-mudahan apa yang kami lakukan untuk masyarakat ini dapat bermanfaat,” ujar Masdar Helmi yang juga merupakan Wakil Dekan III Fakultas Tehnik Unila ini.

Sementara itu, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Supriyanto menuturkan, pasca bencana tsunami pemerintah pusat dan pemerintah daerah telah berupaya mengembalikan keadaan pariwisata kembali normal, sehingga dapat memajukan perekonomian masyarakat.

“Pariwisata di Pulau Sebesi menyimpan potensi yang luar biasa, marilah kita jaga dan lestarikan lingkungan kita sehingga karunia Tuhan yang luar biasa ini dapat dinikmati oleh anak cucu kita,” imbuh Supriyanto.

Sedangkan, menyampaikan sambutan Gubernur Lampung, Theresia Sormin mengatakan, Pemerintah Provinsi Lampung terus berupaya meningkatkan pariwisata di Bumi Ruwai Jurai.

Hal itu katanya, dibuktikan dengan adanya event Lampung Krakatau Festival yang terus dilakukan setiap tahunnya dan telah berjalan lebih dari 30 tahun.

“Kegiatan (Ecotourism) ini akan menjadi contoh untuk meningkatkan kembali geliat pariwisata di Provinsi Lampung dan Lampung Selatan khususnya,” pungkasnya.

Loading...