Kopi Robusta akan Ditetapkan sebagai Warisan Budaya Lampung

Bagikan/Suka/Tweet:
Rapat persiapan kedatangan Tim Kementerian PKM dalam rangka pencanangan kopi robusta sebagai warisan budaya Lampung, di Kantor Pemprov Lampung, Senin (16/11).

BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com–Kopi robusta Lampung akan ditetapkan warisan budaya di Provinsi Lampung. Persiapan pencanangan kopi robusta Lampung sebagai warisan budaya akan dilakukan dalam pertemuan Tim Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) dengan Pemprov Lampung pada Kamis (19/11).

“Kunjungan Tim Kemenko PMK ini dalam rangka mempersiapkan rencana gerakan pelestarian warisan budaya Lampung. Sebelumnya Menko PMK Puan Maharani sudah mencanangkan jamu sebagai warisan budaya Indonesia di Sukohajo, Jawa Tengah, dan songket di Palembang,” kata Kepala Badan Pembangunan Masyaraat Desa (BPMPD Provinsi Lampung Yudha Setiawan, usai rapat persiapan untuk menyambut kedatangan Tim PKM, di ruang rapat asisten Ekbang Pemrpov Lampung Senin (16/11/2015).

Asisten Bidang Ekbang Provinsi Lampung, Adeham menambahkan, guna mematangkan persiapan dalam rangka menyambut kedatangan Tim Menko PMK, pihaknya akan menggelar rapat lanjutan dengan beberapa dinas terkait.

“Sebelum hari H kami akan menggelar rapat kembali beberapa dinas terkait agar acara dapat berjalan baik dan lancar”, jelasnya.

Jenis kopi yang dibudidayakan oleh kebanyakan petani kopi di daerah lampung adalah Kopi Robusta. Sebagian besar perkebunan kopi Lampung di dataran tinggi Lampung merupakan perkebunan rakyat yang terpusat di daerah Lampung Tengah, Lampung Barat, dan daerah Tanggamus.

“Kopi Lampung cukup pantas dikategorikan sebagai salah satu kopi terbaik Indonesia. Kopi Lampung terkenal karena keistimewaan aroma dan rasanya yang khas,” kata Adeham.