Beranda News Pusiban Korem 043 Gatam Serahkan 131 Pucuk Senjata Api Ilegal

Korem 043 Gatam Serahkan 131 Pucuk Senjata Api Ilegal

60
BERBAGI
Danrem 043 Garuda Hitam, Kolonel (Inf) Joko Putranto saat menyerahkan senjata api kepada Kapolda Lampung, Brigjen Pol Edwar Syah Pernong secara simbolis di Ruang Lobi Mapolda Lampung, Rabu (2/12)

Zainal Asikin | Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG-Korem 043 Garuda Hitam (Gatam) menyerahkan 131 pucuk senjata api ilegal ke Polda Lampung, Rabu (2/12). Ratusan pucuk senjata api ilegal tersebut, akan diserahkan langsung oleh Danrem 043 Garuda Hitam (Gatam) Kolonel (Inf) Joko Putranto kepada Kapolda Lampung, Brigjen Pol Edward Syah Pernong.

Sebanyak 131 pucuk senjata api ilegal tersebut, tiga pucuk senjata api adalah buatan pabrikan dan 128 pucuk lagi adalah senjata api rakitan, 61 butir peluru dan tiga pucuk laras. Barang bukti tersebut, merupakan penyerahan dari masyarakat secara sukarela kepada Korem 043 Garuda Hitam (Gatam) dan jajarannya.

Kapolda Lampung, Brigjen Pol Edward Syah Pernong mengucapkan terima kasih kepada Korem 043 Garuda Hitam dan Jajarannya telah membantu tugas kepolisian dalam menjaga keamanan di Lampung.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Pak  Danrem yang telah menyerahkan ratusan pucuk senjata api ilegal ini ke Polda Lampung,”kata Edward kepada wartawan dalam jumpa pers di Lobi Mapolda, Rabu (2/12).

Edward menuturkan, dengan adanya penyerahan senta api ilegal ini, merupakan salah satu langkah Korem 043 Gatam yang telah menyita sabnyak 131 pucuk dan 61 butir peluru membantu polisi dalam menjaga keamanan. Apalagi menjelang Pilkada serentak yang segera akan dilaksanakan pada 9 Desember 2015 mendatang.

“Penyerahan senjata api ini, berarti telah mencegah sabanyak 131 orang melakukan kejahatan dengan menggunakan senjata api,”ujarnya.

Menurut Edwar, pihaknya akan mengupayakan hal serupa yang dilakukan langkah Korem 043 Gatam agar masyarakat mau menyerahkan senjata api ilegal secara sukarela ke aparat kepolisian.

“Sudah saya keluarkan surat perintahnya untuk ke jajaran setingkat Polres/ Polresta agar melakukan penggalangan terhadap masyarakat agar mau menyerahkan senjata api ke polisi,”jelasnya.

Kapolda sangat mengapresiasi penyerahan senjata api ilegal dari Korem 043 Gatam, ia berharap melaui tindakan ini akan semakin banyak lagi masyarakat yang lain terinspirasi untuk menyerahkan senjata api.

“Penyerahan senjata api ini adalah penyerahan yang kedua Korem 043 Gatam kepada Polda. Sebelumnya sebanyak 72 pucuk senjata api diserahkan, untuk jumlah keseluruhan senjata api yang diserahkan sekitar 203 pucuk,”ungkapnya.

Ditambahkannya, untuk seluruh barang bukti senjata api ini, akan disimpan ke Rumah penyimpanan Barang Bukti dan Sitaan (Rumbasan).

“Mengenai pemusnahannya, oleh pihak kejaksaan tapi waktunya belum dapat ditentukan,”pungkasnya.

Komandan Korem 043 Garuda Hitam, Kolonel (Inf) Joko Putranto menegaskan, pihaknya akan terus membantu polisi menghentikan peredaran senjata api ilegal dari masyarakat untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif.

“Upaya ini akan kami upayakan menghentikan peradaran senjata api ilegal dimasyarkat, sampai benar-benar tidak ada lagi senjata api ilegal yang dimiliki oleh warga,”

Menurutnya, sudah kali keduanya sejak dirinya menjadi Danrem 043 Gatam menyerakan senjata api ilegal dari masyarakat ke Polda Lampung.

Dikatakannya, sekarang ini, pihaknya sedang memfokuskan pada penghentian peredaran senjata api ilegal di masyarakat. Karena lampung ini, terkenal dengan yang namanya begal dan konflik di masyarakat.

“Kami membantu polisi menggalang masyarakat agar menyerahkan senjata api, ya harapannya kedepan lampung akan menjadi daerah yang benar-benar aman,”ungkapnya.