Beranda Ruwa Jurai Mesuji Korem 043 Gatam, Terima 11 Pucuk Senpi Rakitan dari Warga Mesuji

Korem 043 Gatam, Terima 11 Pucuk Senpi Rakitan dari Warga Mesuji

119
BERBAGI
Senjata api rakitan diserahkan warga ke Korem Garuda Hitam (ilutrasi)

Zainal Asikin | Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG–Jajaran Korem 043 Garuda Hitam (Gatam), kembali menerima 11 pucuk senjata api rakitan jenis revolver dari masyarakat Kabupaten Mesuji. Penyerahan senpi rakitan tersebut merupakan hasil upaya pendekatan personel TNI kepada masyarakat.

Komandan Korem (Danrem) 043 Garuda Hitam, Kolonel Inf Hadi Basuki mengatakan, personel jajaran Korem 043 Gatam telah menerima 11 pucuk senpi rakitan. Sebelumnya anggota telah melakukan upaya-upaya pendekatan kepada masyarakat, hasilnya sebanyak 11 pucuk senpi rakitan diserahkan oleh masyarakat secara sukarela kepada anggota jajaran kami.

“Belasan pucuk senpi illegal yang diterima Jajaran Korem 043 Gatam tersebut, merupakan penyerahan secara sukarela dari warga Kabupaten Mesuji. Anggota berkomunikasi dengan masyarakat yang memiliki dan menyimpan senjata api illegal. Dengan kesadarannya, masyarakat menyerahkan senjata api illegal itu,”ujarnya kepada teraslampung.com, Kamis (18/1/2018).

Dikatakannya, bahwa tugas dan fungsi TNI ini, tidak hanya berperang dan menjaga keutuhan NKRI saja. Melainkan bertugas menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat, bersinergi dan membantu tugas-tugas aparat kepolisian untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif.

“Upaya tersebut adalah sinergi antara TNI dengan Polri, saling membantu untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif di tengah-tengah masyarakat,”ungkapnya.

Hadi Basuki mengutarakan, dari hasil pemantauan, masih banyak senjata api illegal yang beredar di masyarakat. Hal tersebut terbukti, dengan masih maraknya kasus curanmor yang disertai dengan kekerasan seperti penodongan. Bahkan sejak pertama dirinya menjabat Danrem 043 Gatam, sudah beberapa kali menyerahkan senpi illegal ke Polda Lampung dan semuanya telah dimusnahkan.

Menurutnya, tidak hanya kali ini saja Korem 043 Gatam dan Jajaran, menerima senpi rakitan (illegal) dari masyarakat. Sampai akhir tahun 2017, ada sekitar 196 pucuk senjata api illegal yang terdiri dari laras panjang dan pendek dan amunisi sebanyak 356 butir. Semuanya itu, merupakan hasil dari penyerahan masyarakat kepada Jajaran Korem 043 Gatam, yakni Kodim Lampung Barat, Tulangbawang Barat dan Lampung Utara.

“Dalam waktu dekat ini, kami berencana akan segera memusnahkan senjata api illegal tersebut, namun masih berkoordinasi dengan polda Lampung untuk melakukan pemusnahannya,”terangnya.

Ditambahkannya, pihaknya menghimbau kepada masyarakat agar tidak memiliki ataupun menyimpan senjata api illegal, karena hal itu tidak adalah gunanya meski dengan alasan apapun ataupun dalih-dalih untuk pengamanan diri.

“Saya ingatkan kepada masyarakat, agar tidak memiliki senpi illegal dengan alasan apapun karena sudah jelas melanggar hukum. Sebab ada Undang-Undang yang melarang hal itu, jadi alangkah baiknya diserahkan kepada petugas aparat kepolisian ataupun TNI,”tandasnya.