Beranda Teras Berita Korupsi Dana BOS, Mantan Kepsek SDN Pertiwi Metro Ditangkap Setelah Lima Tahun...

Korupsi Dana BOS, Mantan Kepsek SDN Pertiwi Metro Ditangkap Setelah Lima Tahun Buron

164
BERBAGI

Zainal Asikin/Teraslampung.com

Ilustrasi

BANDARLAMPUNG – Tim gabungan Intelijen Kejaksaan Tinggi (Kejati) Lampung dan tim Intel Kejari Metro, berhasil menangkap buronan kasus korupsi dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Kota Metro tahun 2011 senilai Rp65 juta bernama Nurlela Zubeir (59), mantan Kepala Sekolah SDN Pertiwi Teladan Metro. Nurlela ditangkap saat berada di salah satu rumah makan di Jalan Way Sekampung, Pahoman, Bandarlampung, pada Rabu (5/8) lalu.

Kepala Seksi Penerangan dan Hukum Kejati Lampung, Yadi Rahmat, mengatakan, penangkapan Nurlela Zubeir dilakukan setelah  keluarnya putusan kasasi dari Mahkamah Agung (MA) tertanggal 15 April 2014 silam, yang menghukum terdakwa dengan hukuman satu tahun penjara.

“Nurlela selama ini memang statusnya buron. Setelah dilakukan pemantauan selama dua hari, keberadaannya diketahui sedang berada di salah satu rumah makan di Bandarlampung. Mengetahui hal itu, Jadi langsung kami tangkap untuk dieksekusi,” kata Yadi, Senin (10/8).

Nurlela ini selain harus menjalani hukuman pidana badan, Yadi menjelaskan, berdasarkan pada putusan Mahkamah Agung (MA) RI No.692/K/Pid.Sus/2012. Nurlela dijatuhi denda sebesar Rp50 juta, selain itu juga membayar uang pengganti kerugian negara sebesar Rp 65.577.700.

“Pada putusan Pengadilan Negeri (PN) Metro pada tahun 2011 lalu, Nurlela divonis satu tahun penjara dan vonis itu pada tingkat kasasi menguatkan putusan PN Metro,” jelasnya.

Menurut Yadi, usai menjalani pemeriksaan berkas, terdakwa Nurlela langsung dijebloskan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Metro untuk menjalani masa hukumannya selama satu tahun kurungan.

Untuk diketahui, terdakwa Nurlela Zubeir pada saat menjabat sebagai Kepala Sekolah SDN Pertiwi Kota Metro tahun 2008-2009, Nurlela telah menyelewengkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan bantuan Administrasi Umum (BAU) di Dinas Pendidikan Kota Metro untuk SDN Pertiwi Teladan.

Loading...