Korupsi di Dinas Pendidikan, Jampidsus Kejagung Turun ke Lampung

  • Bagikan
Kantor Kejaksaan Tinggi Lampung

Zainal Asikin | Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG – Kasus dugaan korupsi di Dinas Pendidikan Lampung menjadi perhatian khusus Kejaksaan Agung (Kejagung). Perhatian khusus itu ditunjukkan dengan kehadiran Tim penyidik Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus(Jampidsus) Kejaksaan Agung (Kejagung) di Lampung untuk memeriksa sejumlah saksit kasus dugaan korupsi proyek pengadaan perlengkapan sekolah siswa kurang mampu tahun anggaran 2012 senilai puluhan miliar rupiah di Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Lampung, Rabu (4/11/2015).

Pemeriksaan para saksi tersebut, terus dilakukan demi kepentingan penyidikan dan mempercepat pemberkasan agar kasus tersebut bisa disidangkan. Diketahui, penyidik Jampidsus Kejagung memulai pemeriksaan para saksi sejak Senin (2/11/2015) lalu hingga Jumat (6/11). Pemeriksaan dilakukan di Aula Kejaksaan Tinggi (Kejati) Lampung.

Kepala Seksi Penerangan dan Hukum (Kasi Penkum) Kejati Lampung, Yadi Rachmat mengatakan, seperti dihari-hari sebelumnya bahwa tim penyidik dari Jampidsus Kejagung masih melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi, terkait perkara di Disdik Provinsi Lampung tersebut.

“Ya dari Kejagung masih disini untuk melakukan pemeriksaan, sejak pagi tadi tim dari Kejagung berada di Aula Kejati Lampung,”kata Yadi, Rabu (4/11).

Yadi mengutarakan, pada pemeriksaan hari ini, Rabu (4/11) ia tidakmengetahui secara pasti siapa saja saksi-saksi yang dilakukanpemeriksaan terkait perkara tersebut.

“Untuk saksi siapa saja yang diperiksa saya tidak tahu, tapi yang jelas pemeriksaannya masih berlangsung hingga 6 November 2015 mendatang,”terangnya.

Pantauan teraslampung.com di kantor Kejati Lampung, hingga pukul 16.00 WIB tampak terlihat sejumlah orang yang diduga para saksi dengan berpakaian bebas naik turun tangga memasuki Aula Kejati Lampung, dimana dirunagan tersebut tempat tim penyidik dari Kejagung melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi.

Tampak terlihat juga, beberapa orang berpakaian dinas Pegawai Negeri Sipil (PNS), yang naik dan turun dari lantai tiga tempat pemeriksaan tersebut berlangsung.

Informasi yang dihimpun di Kejati Lampung, dari sejumlah saksi-saksi yang diperiksa pada hari ini Rabu (4/11), tim penyidik Kejagung juga diketahui melakukan pemeriksaan terhadap Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung. (Baca: Ini 64 Saksi yang Diperiksa Kejagung Terkait Dugaan Korupsi di Dinas Pendidikan Lampung).

Dari kabar yang beredar, Kejagung telah menetapkan empat orang sebagai tersangka yakni Tauhidi (Mantan Kadisdik), Edward Hakim,M.Hendrawan dan Ari Sukma Rizal.

Diberitakan sebelumnya, Tim Kejagung yang beranggotakan lebih dari 10 orang, turun ke Lampung guna melakukan pemeriksaan terhadap perkaradugaan korupsi yang nilainya milyaran rupiah di Disdik Provinsi Lampung. Dari kabar yang beredar, penyidik akan memeriksa sebanyak 64
saksi.

  • Bagikan