Beranda News Internasional Korut Berjanji Bongkar Fasilitas Nuklir dan Misilnya

Korut Berjanji Bongkar Fasilitas Nuklir dan Misilnya

139
BERBAGI
Donald Trump usai bertemu dengan Kim Jong-un di Singapura,Selasa (12/6/2018). Foto: AFP via BBC

TERASLAMPUNG.COM –– Korea Utara mengatakan, akan membongkar kompleks nuklirnya di Yongbyon jika AS mengambil langkah-langkah yang sepadan berdasarkan kesepakatan komprehensif yang dicapai oleh para pemimpin kedua Korea.

Kesepakatan itu diumumkan Rabu di Pyongyang oleh pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, pada penutupan hari kedua KTT tiga hari mereka.

Tawaran Korea Utara untuk menutup fasilitas Yongbyon itu disertai janji untuk menutup secara permanen fasilitas uji misilnya dengan pengawasan para pakar internasional.

“Kami sepakat untuk menjadikan Semenanjung Korea kawasan damai yang bebas dari senjata nuklir dan ancaman nuklir, “ kata Kim Jong-un kepada wartawan pada konperensi sebuah pernyataan bersama dengan Presiden Moon.

“Sangat menggembirakan,“ ungkap Presiden AS Donald Trump dalam cuitannya di Twitter, Rabu (19/9), memuji kesepakatan tersebut, termasuk rencana kedua Korea untuk menawarkan diri menjadi tuan rumah bersama Olimpiade Musim Panas 2032.

VOA

Loading...