Kota Bandarlampung Epidemik HIV/AIDS

  • Bagikan
Narasumber dalam Konpres  peringatan hari AIDS Prov.Lampung di LBH Bandarlampung

Bandarlampung, Teraslampung,com—Kasus penderita HIV/AIDS seperti  fenomena gunung es.Kota Bandarlampung sebagai ibukota Provinsi Lampung merupakan wilayah yang strategis terhadap epidemik HIV dan AIDS dari upaya penularan HIV baru. Jumlah kasus HIV yang ada di Bandarlampung  tercatat ada 987 kasus.

Menurut Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) dr.Wirman kasus penderita HIV/AIDS ini seperti fenomena gunung es. Tercatat di Provinsi Lampung dari 2005  hingga Oktober 2014 terdapat 1576 kasus orang terinfeksi HIV, sedangkan di Bandarlampung 987 kasus . Oleh karena itu penting bagi masyarakat untuk mengetahui apa itu HIV/AIDS, bagaimana penularannya , bagaimana pasien yang sudah terkena bisa sembuh.

“Masyarakat harus tahu bagaimana penularan HIV/AIDS, bagaimana pasien bisa sembuh. Ini adalah tugas kita untuk mensosialisasikan pada masyarakat.  Bahkan sekarang ada pasien penderita HIV  yang masih berusia 7 bulan dan dalam  rentang usia 15 sampai 49 tahun,” kata dr.Wirman pada Konpres peringatan hari AIDS sedunia Provinsi Lampung di LBH Bandarlampung, Kamis. (27/11).

Dwi Prasetyo dari Kemenhukham Lampung menyatakan dalam peringatan hari AIDS pada 1 Desember kali ini mengangkat tema “Cegah dan lindungi diri , keluarga dan masyarakat dari HIV dan AIDS dalam rangka perlindungan HAM.” Acara peringatan AIDS akan dipusatkan di Lapangan Enggal , Bandarlampung.

Menurut dia, sebagai leading sector dalam acara tersebut Kemenhukham didukung oleh beberapa SKPD Pemprov dan Kota Bandarlampung, LSM, LBH, Komunitas Seni, Kelompok Remaja Peduli HIV/AIDS, Komunitas Populasi Kunci. (Lina)

  • Bagikan