KPAD Lamsel Gelar Gelora Pustaka Gemilang 2014

  • Bagikan

Iwan J Sastra/Teraslampung.com

Bupati Lampung Selatan Rycko Menoza dan Bunda Paud Ny. Pitka Rycko Menoza menyalami para siswa.

KALIANDA – Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (KPAD) Kabupaten Lampung Selatan, menggelar acara Gelora Pustaka Gemilang 2014, dalam rangka memeriahkan HUT Kabupaten Lampung Selatan ke-58, Senin (10/11).

Kegiatan yang dipusatkan di Lapangan Tenis Indoor Kalianda itu, dibuka secara langsung oleh Bupati Lampung Selatan H. Rycko Menoza SZP yang dihadiri oleh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkorpimda) serta Kepala SKPD lingkup Pemkab Lamsel.

Bupati Lamsel Rycko Menoza dalam sambutannya mengatakan, pemerintah daerah mengapresiasi serta mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh KPAD Lamsel. Karena menurutnya, acara Gelora Pustaka Gemilang dengan menggelar berbagai macam lomba seperti seni baca puisi, pidato, bercerita, serta bazar buku bacaan, menjadi salah satu upaya untuk mencerdaskan kehudipun masyarakat, khususnya para generasi muda penerus bangsa.

“Saya selaku pimpinan daerah, tentunya sangat mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh KPAD Lampung Selatan. Sebab, baru kali ini kegiatan Gelora Pustaka Gemilang yang penyelenggraannya disambut antusias oleh para pelajar sekolah baik dari tingkat TD, SD, SMP maupun SMA,” ujar Rycko Menoza.

Dia menuturkan, kegiatan semacam ini (Gelora Pustaka, red), tentunya juga menjadi salah satu cara untuk merangsang pertumbuhan anak-anak dibawah usia enam tahun, dimana pada usia tersebut merupakan masa-masa ke-emasan bagi anak-anak.

“Oleh karena itu, pemerintah daerah juga sangat mendukung sekali kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan oleh organisasi PAUD di Kabupaten ini, dan berharap apa yang telah diperbuat hingga membuahkan hasil, bisa terus ditingkatkan dan dikembangkan,” harapnya.

Sementara itu, Kepala KPAD Lampung Selatan Drs. A.Kholil, S menjelaskan, digelarnya kegiatan Gelora Pustaka Gemilang tahun 2014 ini didasari oleh Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan yang mengamanatkan budaya gemar membaca melalui sebuah gelaran yakni Gelora Pustaka Gemilang dan sekaligus memperingati HUT ke-58 Lampung Selatan.

“Pada intinya, kegiatan Gelora Pustaka Gemilang ini memiliki tujuan untuk mencerdaskan generasi muda dan kehidupan masyarakat melalui budaya membaca,” jelasnya.

Dia menambahkan, adapun rangkaian acara yang dikemas dalam Gelora Pustaka Gemilang 2014 ini antara lain melombakan seni baca pusi, musikalisasi puisi, bercerita, pidato, story telling dan lomba mewarni.

“Para peserta merupakan para pelajar sekolah dari 17 kecamatan se-Kabupaten Lampung Selatan mulai dari tingkat TK, SD, SMP dan SMA, serta para tendik PAUD dengan jumlah peserta mencapai 1.500 orang,” katanya.

  • Bagikan