Beranda News Pusiban KPK: Lampung Peringkat Keempat Provinsi yang Sukses Cegah Korupsi

KPK: Lampung Peringkat Keempat Provinsi yang Sukses Cegah Korupsi

420
BERBAGI
Koordinator Wilayah III KPK Brigjen Pol Setyo Budiyanto
Koordinator Wilayah III KPK Brigjen Pol Setyo Budiyanto

TERASLAMPUNG.COM — Provinsi Lampung rangking ke 4 dalam Monitoring Center for Prevention (MCP) yang dilakukan oleh KPK RI.

Koordinator Wilayah III KPK Brigjen Pol Setyo Budiyanto mengungkapkan hasil evaluasi pihaknya Lampung rangking 4 dalam MCP di bawah DKI, Gorontalo dan Riau.

“Kami berharap pada tahun 2019 ini peringkat  Lampung naik lebih bagus. Kami juga mengingatkan jangan sampai bagus secara angka tapi pelaksanaan di lapangannya tidak bagus,” ungkapnya usai Rapat Koordinasi KPK dengan OPD Inspektorat, Dinas PU dan UKPBJ Kabupaten/Kota Se Provinsi Lampung, Jumat (17/5) di gedung Semergou.

Pada kesempatan itu dia juga berpesan kepada semua kepala daerah dan ASN untuk melaksanakan good and clean goverment di tiap OPD yang ada di kabupaten/kota serta Provinsi Lampung.

“Kita terus mendorong para kepala daerah dan ASN siapupun dia apapun pangkatnya untuk bisa menerapkan clean and good goverment supaya kasus yang melibatkan salah satu kepala daerah itu tidak terulang kembali,” katanya.

Brigjen Pol Setyo lebih jauh menjelaskan berdasarkan rata-rata pencapaian dalam aplikasi MCP nilai yang diperoleh Provinsi Lampung mencapai 72 persen.

“Dari delapan program pencegahan korupsi, Lampung meraih nilai 72%. Untuk mencapai 100% butuh 28% lagi. Yang memahami kelemahan atau kekosongan itu ya para pelaksana yang lebih tahu, misalnya soal pelayanan publik, integrasi antara e-planning dengan e-budgeting serta optimalisasi pengadaan barang dan jasa,” jelas mantan Wakalpolres Lampung Utara itu.

Sementara itu Gubernur Lampung Ridho Ficardo usai membuka rapat koordinasi itu berharap dengan dilaksanakannya sistem yang baik tidak ada lagi permasalahan korupsi di daerah ini.

“Rencana aksi pencegaaan korupsi yang terintegrasi di Pemprov Lampung dan seluruh kabupaten/kota, harapannya supaya anggaran tepat sasaran. kedepan tidak ada lagi permasalah korupsi seperti OTT karena pemerintahan sudah baik,” harapnya.

Pada kesempatam yang sama Walikota Bandarlampung Herman HN mengapresiasi pencegahan yang dilakukan KPK bersama dengan pemprov dan kabupaten/kota.

“Ini sangat baik bagaimana aparat kita bisa melaksanakan tugas tertib sesuai dengan aturan. Saya yakin kalau ini berjalan dengan baik kita akan aman tentram,” katanya.

Dandy Ibrahim

Loading...