KPU akan Plenokan Hasil Pilkada Bandarlampung pada 15 Desember

  • Bagikan
Pemungutan suara Pilkada Bandarlampung 2020 di salah satu TPS di Kelurahan Gulak-Galik, Rabu (9/12/2020).

TERASLAMPUNG.COM — KPU Kota Bandarlampung telah menerima data 100 persen hasil pemungutan suara Pilkada Bandarlampung 2020 dari seluruh TPS di Bandarlampung (1.700 TPS) melalui aplikasi elektronik rekapitulasi (e-rekap). KPU Bandarlampung selanjutnya akan menggelar pleno penetapan hasil pemungutan suara pada Rabu-Kamis mendatang (15-16 Desember 2020).

Ketua KPU Bandarlampung Dedi Tridi mengatakan e-rekap merupakan bentuk  transparansi dan akuntabilitas kinerja KPU Kota Bandarlampung dalam pemunggutan dan penghitungan suara (real count).

Meski begitu, Dedi mengatakan bahw e-rekap bukan hasil resmi karena berdasarakan regulasi bahwa rekapitulasi suara dilakukan secara berjenjang.

“E-rekap dari aplikasi Gerbang Demokrasi ini real count dari 1.700 TPS sebagai transparansi dan akuntablitas KPU Kota Bandar Lampung dalam proses penghitungan suara 9 Desember lalu,” ujar Dedi.

Jadwal rapat pleno PPK dilakukan serentak hari Sabtu (12/12/2020) mulai jam 09.00 hingga selesai di 20 kecamatan.

“Setelah itu jadwal rapat pleno tingkat KPU kota direncanakan hari Selasa atau Rabu tanggal 15 atau 16 Desember 2020,” katanya.

Dedi mengatakan KPU Kota Bandarlampung saat ini sedang menyelesaikan pengiriman dan mengunggah data hasil penghitungan suara dari seluruh 1.700 TPS melalui aplikasi Sirekap yang pengirimannya langsung ke server KPU.

Aplikasi sistem informasi rekapitulasi elektronik (Sirekap) merupakan alat bantu dalam penghitungan suara dari TPS produk KPU RI dan dikirim ke server disana langsung dari KPPS pada hari pemunggutan suara 9 Desember.

Sedangkan e-rekap adalah aplikasi produk KPU Kota Bandar Lampung pengiriman ke server di kantor KPU kota oleh PPS setelah mengumpulkan hasil dari setiap TPS di 126 kelurahan se-Kota Bandarlampung.

“Kami mempublikasikan e-rekap ini sebagai bentuk transparansi dan akuntabilitas keterbukaan KPU dalam proses penghitungan suara. Karena opini publik sudah terbentuk oleh hasil quick count lembaga survei padahal quick count ini bukan real count dari seluruh TPS di Bandar Lampung,” katanya.

Sementara itu, hingga Minggu (13/12/2020) sore pukul data hasil pemungutan suara dari TPS di Bandarlampung yang masuk ke Sirekap KPU baru 1166 dari 1700 TPS (68.59%).

Loading...
  • Bagikan