Beranda Ruwa Jurai KPU dan Pemkab Pesisir Barat Tandatangani NPHD untuk Pilkada Pesisir Barat

KPU dan Pemkab Pesisir Barat Tandatangani NPHD untuk Pilkada Pesisir Barat

225
BERBAGI
Penandatanganan NPHD oleh Pj Bupati Pesisir Barat dan KPU Lampung, Barat di Kantor KPU Lampung, Sabtu (30/5).

BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com — Persoalan dana yang selama ini menjadi kendala pemilihan kepala daerah (pilkada) di Kabupaten Pesisir Barat sudah berakhir. Pilkada Pesisir Barat dipastikan bisa digelar serentak dengan tujuh daerah tingkat dua lainnya di Lampung.

Hal itu setelah hari ini (30/05/2015) Pj.Bupati Pesisir Barat, Qodratul Ikhwan dan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Barat selaku penyelenggara pilkada di Pesisir Barat menandatani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD ),  di Kantor KPU Provinsi Lampung.

Qodratul mengatakan pelaksanaan penandatanganan ini adalah amanat konstitusi kepada Pemerintah Daerah terkait kewajiban Pemerintah Daerah untuk membiayai pelaksanaan Pilkada telah dijalankan. Selanjutnya Qodratul berharap dalam upaya memenuhi harapan masyarakat kiranya KPU Lampung segera membentuk KPU Pesisir Barat dengan usulan pengangkatan pejabat struktural guna melaksanakan roda organisasi juga segera dilakukan proses rekruitmen anggota KPU Pesisir Barat dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Sedangkan Ketua KPU Provinsi Lampung Nanang Trenggono mengatakan usulan pengisian pejabat struktural ke KPU RI segera dapat di selesaikan, sedangkan terkait rekruitmen anggota KPU Pesisir Barat direncanakan paling lama dalam waktu 2 bulan.

Dengan demikian tahapan Pilkada tetap dapat dilaksanakan oleh KPU Lampung Barat sampai dengan telah terbentuknya KPU Pesisir Barat.

“Dengan telah ditandatanganinya NPHD ini, saya berharap semua pihat dapat memahami dan memakluminya sehingga tidak ada silang pendapat lagi,” kata Nanang.

 Penandatanganan NPHD ini di hadiri oleh Ketua dan Sekretaris KPU Provinsi Lampung,  Pj. Bupati Pesisir Barat beserta jajarannya. Ketua DPRD Pesisir Barat. Hadir juga Ketua dan Sekretaris  KPU Lampung Barat.

Sementara itu,  komisioner KPU Lampung M. Tio Aliansyah mengatakan karena KPU Pesisir Barat belum terbentuk maka untuk sementara tahapan pilkada Pesisir Barat akan dijalankan ole KPU Lampung Barat.

“Pada Juni 2015 KPU Lampung membentuk KPU Pesisir Barat pada bulan Juni 2015. Bila KPU Pesisir Barat sudah terbentuk,  maka KPU induk dapat melimpahkan ke KPU Pesisir Barat dengan tidak mengubah setiap tahapan yang sudah dilakukan termasuk dalam tahapan pencalonan karena tidak mau diambil alih maka tinggal kesiapan kesiapan lainnya,” kata Tio.

Loading...