Beranda Teras Berita KPU Jatim: Pencoblosan Ulang Bakal Digelar di 10 Daerah

KPU Jatim: Pencoblosan Ulang Bakal Digelar di 10 Daerah

156
BERBAGI

B. Satriaji/Teraslampung.com

Surabaya—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Jawa Timur memastikan akan menggelar pencoblosan ulang di sebagian tempat pemungutan suara (TPS) di 10 daerah se-Jatim.

Hal tersebut dikatakan Ketua KPU Jawa Timur Eko Sasmito seusai menggelar rapat koordinasi di Kantor Bawaslu Jatim, Jalan Tanggulangin, Surabaya, Rabu (9/4) malam.

Dikatakan Eko, penyebabnya terdapat surat suara yang tertukar antardaerah pemilihan (antardapil). Pemungutan suara ulang atau susulan itu hanya untuk DPRD II karena semua surat suara tertukar antardapil di dalam satu kabupaten-kota.

“Kita belum bisa menentukan, kapan pemungutan suara atau coblosan ulang atau susulan itu kita gelar. Namun sesuai ketentuan, coblosan ulang atau susulan itu harus dilaksanakan paling lambat 10 hari sesudah hari H,” ujar Eko Sasmito.

Lebih lanjut Eko Sasmito menegaskan, bahwa tidak ada unsur kesengajaan dalam proses terjadinya salah pembagian lembar kertas suara untuk calon anggota legislatif (caleg) DPRD kabupaten-kota antardapil tersebut.

Menurut dia, kesalahan itu masih dalam batas yang wajar mengingat banyaknya surat suara yang harus ditangani. Untuk coblosan caleg DPRD tingkat Provinsi Jatim maupun DPR RI Pusat, tidak ada coblosan ulang atau susulan, kecuali caleg DPR RI untuk enam TPS di (Dapil VII dan Dapil VIII) Kabupaten Madiun.

Untuk sementara daerah-daerah lainnya, menurut Eko Sasmito tidak ada masalah, karena surat suara dan coblosannya sudah sah dan tidak ada permasalahan di bidang logistik. Surat suaranya memang banyak dan bermacam-macam.

“Mungkin pekerja borongan di KPU Jatim itu bingung sehingga dalam memasukkan ke kotak suara, tertukar. Ini jangan sampai terjadi lagi di Pemilu yang akan datang,” kata dia.(Editor: Isbedy Stiawan ZS)

Loading...