Beranda Politik KPU: Ketua DPRD Lampura 2019-2024 Hak Partai Demokrat

KPU: Ketua DPRD Lampura 2019-2024 Hak Partai Demokrat

630
BERBAGI
Ketua KPU Lampung Utara, Marthon
Ketua KPU Lampung Utara, Marthon

Feaby Handana |Teraslampung.com

Kotabumi — Komisi Pemilihan Umum Lampung Utara (KPU Lampura) menyatakan posisi Ketua DPRD Lampura menjadi hak Partai Demokrat. Alasannya: Partai Demokrat merupakan pemenang Pemilu Legislatif 2019 di Lampung Utara.

“‎Karena menjadi partai pemenang dalam Pemilihan Legislatif di bulan lalu maka secara otomatis kursi Ketua DPRD milik Partai pemenang Pileg,” kata Ketua KPU Lampura, Marthon melalui ponselnya, Senin (29/7/2019).

Dalam Pileg beberapa waktu lalu, Marthon mengatakan, Partai Demokrat Lampura berhasil menempatkan tujuh kadernya di lembaga legislatif Lampura. Total perolehan suara dari ketujuh calon terpilih anggota DPRD Lampura dalam Pileg lalu itu mencapai sekitar 21.786 suara. Namun, total suara ini hanya total perolehan ketujuh calon legislatif terpilih dan bukannya perolehan suara total dari Partai Demokrat secara keseluruhan.

Untuk suara tertinggi pertama dari ketujuh kader Partai Demokrat yang terpilih sebagai anggota DPRD Lampura itu ditempati oleh Wansori dengan perolehan suara sebanyak 4.070 suara. Di urutan kedua, ada Joni Bedyal dengan total suara 3.821 suara.

Selanjutnya, Herwan Mega dengan perolehan suara sebanyak 3.233. Urutan keempat ditempati oleh Edi Sarnobi dengan jumlah suara sebanyak 3.067. Kemudian di urutan kelima ditempati oleh ditempati oleh Romli dengan 2.905 suara. Urutan keenam dan ketujuh ditempati oleh Juljani (2.543 suara) dan Rendy Apriansyah (2.147 suara).

‎”Raihan suara terbanyak pertama, kedua, dan ketiga ditempati oleh Wansori, Jony Bedial, dan Herwan Mega,” terangnya.

Di sisi lain, Ketua DPC Partai Demokrat, M. Yusrizal mengatakan, pihaknya akan segera melakukan rapat internal untuk menjaring tiga nama potensial yang dinilai paling layak untuk menempati posisi tertinggi di lembaga legislatif Lampura.

“Dalam pekan ini, kami akan adakan rapat internal untuk membahas hal itu,” paparnya melalui ponselnya.

Sesuai mekanisme, setiap kader yang akan diusulkan itu harus memenuhi kriteria yang ada. Pelbagai kriteria itu di antaranya harus loyal terhadap partai, kader partai, dan ‎suara terbanyak. ‎Dengan pelbagai kriteria itu maka semua kader (calon terpilih anggota DPRD dari Partai Demokrat) memiliki peluang yang sama untuk menempati posisi paling bergengsi di DPRD Lampura tersebut.

“Semua kader punya peluang yang sama sesuai dengan mekanisme yang ada,” tutur dia.

Ketiga nama yang akan diusulkan ke DPD Partai Demokrat dan selanjutnya akan disa‎mpaikan ke DPP Partai Demokrat untuk ditetapkan.‎ Perkiraannya, hasil keputusan dari DPP dapat diketahui paling cepat pada bulan September mendatang.

“Paling cepat mungkin hasilnya sudah diketahui di bulan September,” ‎terangnya.

Loading...