Beranda Teras Berita Soal Pilgub, KPU Lambar Tunggu Pemerintah

Soal Pilgub, KPU Lambar Tunggu Pemerintah

176
BERBAGI

Liwa, Teraslampung.Com—KPU Lampung Barat juga meragukan pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Lampung dapat digelar bersamaan dengan Pemiliha Legisltaif (Pileg) 9 April 2014, seperti diragukan banyak warga. Namun pihak penyelenggara, yakni KPU Lampung, masih optimistis bisa dihelat sesuai jadwal.

Sebelumnya, pakar hokum dari Universitas Lampung, Dr. Tisnanta dan Dr. Rudy juga psimistis bahwa pelaksanaan Pilgub Lampung bisa digelar pada 9 April 2014. Keraguan kedua pengamat tersebut pada kesiapan alat peraga, seperti surat suara, dan lain-lain.

Kini keraguan itu juga muncul dari KPU Lampung Barat. Meski begitu, pihak penyelenggara pemilu di Kabupaten Lampung Barat ini, masih menunggu perintah dari KPU Provinsi Lampung.

“Sampai saat ini, KPU Lampung Barat masih menunggu perintah dari KPU Lampung, Jadi kami belum bisa memastikan apakah pilgub bisa dilaksanakan serentak dengan pileg,” kata Maidar, sekretaris KPU Lampung Barat.

Maidar mengatakan, KPU Lampung juga belum memerintahkan seluruh KPU kota/kabupaten untuk pelaksanaan tahapan pilgub.

Dikatakan Maidar, dalam pungut hitung terkait pileg dan pilgub bareng pun belum ada payung hukum yang mengatur tata cara pungut hitung suara. “Jadi, saat ini masih berpatokan dengan PLPU No 26 tahun 2013 yang hanya mengatur untuk pileg,” jelasnya.

Meski tekait untuk pilgub, KPU Lampar telah melakukan tahapan sampai dengan mengumpulkan jumlah DPT dari PPS dan PPK, namun untuk logistik sampai saat ini masih menunggu dari KPU provinsi.

Karena itu, Maidar merasa cemas bisa terlaksana sesuai jadwal karena sampai saat ini logistik belum datang. Karena untuk pileg yang waktu persiapannya cukup, logistik yang telah dikirim masih saja kekurangan ribuan kertas suara.

“Sementara untuk pelaksanaan pilgub hanya tinggal kurang dari setengah bulan lagi,” kata Maidar. (isb)

Loading...